Pencurian sapi di teluk singkawang kecamatan sumay kabupaten tebo diselesaikan dengan cara kekeluargaan

405

METRO INDEPENDEN . Terjadi nya ke bilangan ternak berupa jenis sapi , sekira bulan agustus 2020 warga desa teluk singkawang kecamatan sumay kabupaten tebo , telah resah dengan bilangan ternak nya berjenis sapi dan kambing , ternyata beberapa hari kemudian terdapat lah salah satu warga yang di duga pelaku nya , adalah masih warga desa teluk singkawang sendiri .

Pelaku yang di duka melakukan pencurian ialah saudara M .mukmin dkk ter nyata yang di duga pelaku nya , oleh karna itu saudara m,mukmin dkk melakukan pencurian dua ekor sapi yang di wakili atas pimilik nya ialah Idham Holik bin Mahyudin dan pihak joni hidatullah bin h.Rasid ,

Jadi persoalan ada dugaan pencurian ini lansung di selesai kan dengan secara ke keluargaan dan penyelesaian nya di hadiri oleh para pemerintahan desa dan lembaga adat desa .

Persoalan pencurian tersebut di sepakati dan di duga telah ada pengakuan bahwa mereka yang mengambil dua ekor sapi yang di jual kepada saudara syaipul yang tempat tinggal nya di Muaro bungo , dalam pengakuan di duga pelaku pencurian sapi tersebut saudara m.mukmin hanya penghubung antara penjulan dengan si pembeli masalah melakukan adalah kawan – kawan tutur saudara mm kepada Metro independen melalui ponsel pribadi .

Kejadian atau kronologis peristiwa pencurian telah di selesai kan di dalam desa oleh kepala desa ( Abd Gafur. ) dan Ketuo lembaga adat ( pakdo Muhsen ) dan di kena kan sanksi sebagai berikut ; maaf dalam pemaparan;
A. Hari senin tanggal ;31 Agustus tahun 2020 , pukul ; 10.00 wib .s/d 13 .00 wib tempat penyelesaian nya di rumah Kadus macang parit . RT 05 . desa teluk singkawang kecamatan sumay kabupaten tebo .

Pemerintah desa dan lembaga adat beserta kedua belah yang sedang mendalami permasalahan , dimana pihak korban di wakili oleh Idham Holik bin Mahyudin serta pihak *Joni hidatullah bin H . Rasid .Penyelesaian secara Alternatif masalah berbasis masyarakat .

Permasalahan adalah kehilangan ternak berupa sapi yang mengarah pada perbuatan pencurian . terduga ialah saudara m .mukmin dkk . masih berkaitan keluarga . sehingga permasalahan nya ini di selesai kan secara kekeluargaan .

Ada pun kesepakatan tersebut . telah di tetap kan biaya ganti rugi sebesar ; 26, 000.000 rupiah yang akan di bayar oleh terduga . saudara M.mukmin dkk dalam tempo max 30 hari dan surat kesepakatan terlampir ,

Karna apabila sanksi yang telah di sepakati tidak kunjung ada niat baik kepada terduga pelaku pencurian sapi tersebut baru lah di bawa ke ranah hukum berlaku , tapi sampai saat ini npak nya tutur korban belum ada tanda – tanda nya tutup , FATUR team red

Silahkan Komentar Berita nya