Pertamina RU II Dumai Raih Penghargaan TJSL & CSR Award 2021 Tingkat Nasional.

Metro independen – Setelah pada bulan September 2021 lalu berhasil meraih penghargaan Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA), kali ini Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) kembali lagi meraih penghargaan tingkat nasional yaitu TJSL & CSR Award 2021 atas kontribusinya dalam mendukung pencapaian SDGs berbasis ISO 26000.

Dalam ajang Penganugerahan TJSL & CSR Award yang diselenggarakan oleh BUMN Track ini, PT KPI melalui dua unitnya, yaitu Dumai dan Sungai Pakning, berhasil meraih penghargaan di kategori Pilar Ekonomi. Bahkan, PT KPI Unit Sungai Pakning berhasil meraih Juara II di kategori ini atas keberhasilannya dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Komite Penilai, Ir Thendri Supriatno, MBA, dan diterima oleh Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Nurhidayanto, serta Manager Production Sei. Pakning, Antoni R. Doloksaribu, di Ballroom Hotel JW Marriot Jakarta pada Kamis (14/10).

Nurhidayanto mengungkapkan rasa syukurnya atas anugerah dan kepercayaan yang telah diberikan kepada PT KPI Unit Dumai dan Sungai Pakning. “Apa yang kami dapatkan pada malam hari ini merupakan bukti komitmen kami dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang berdampak di masyarakat. Kepercayaan ini akan menjadi pemantik besar untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan pencapaian pembangunan berkelanjutan sesuai ISO 26000,” ujarnya.

TJSL & CSR Award sendiri merupakan respon yang diberikan oleh BUMN Track terhadap Peraturan Menteri BUMN PER-05/MBU/04/2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara. Dengan adanya Permen ini, BUMN dituntut untuk menunjukkan kontribusi nyatanya sebagai bagian dari warga dunia dengan menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan membina Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bisa mandiri dan berdaya saing.

Melalui pidatonya, Thendri menekankan bahwa kunci dari keberhasilan bukan terletak pada seberapa besar uang yang dikeluarkan, melainkan seberapa besar _resources_ yang dipergunakan oleh perusahaan untuk menjawab berbagai tantangan. _”Resources_ tersebut bisa berbentuk uang, terlebih waktu dan perhatian yang diberikan oleh perusahaan,” imbuhnya.

Tidak lupa di akhir penyelenggaraan, Ketua MPR RI sekaligus bertindak sebagai Ketua Komite Penilai Kehormatan TJSL & CSR Award 2021, H. Bambang Soesatyo, SE, MBA, melalui pesan virtual memberikan selamat kepada para pemenang yang telah menunjukkan kontribusi nyatanya dalam menjawab tantangan pembangunan berkelanjutan khususnya di masa pemulihan pandemi COVID-19. “Saya berharap, malam hari ini dapat menjadi momentum penting untuk membuka kembali solidaritas dan kepedulian perusahaan khususnya BUMN pada lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Melalui program CSR yang telah dijalankan seperti pemanfaatan lahan gambut untuk pertanian nanas, madu, arboretum, dan ekowisata, PT KPI Unit Dumai dan Sungai Pakning telah berhasil meraih sejumlah prestasi, diantaranya Piagam Kalpataru, Piagam Wana Lestari, Piagam Setia Lestari Bumi, Indonesia CSR Award (ICA), ISDA, serta Predikat PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2018, 2019, dan 2020.

“Kami terus berupaya untuk berinovasi menelurkan program-program yang dapat menjawab permasalahan yang terjadi di masyarakat. Tujuan utamanya adalah untuk membantu masyarakat, namun penghargaan merupakan bonus untuk penyemangat bagi kami,” paparnya, Yanto.

Media Contact
Nurhidayanto
Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai

Silahkan Komentar Berita nya

News Feed