Tingkatkan Profitabilitas Kilang Dumai, Pertamina Lakukan Lifting Perdana Pertalite dan Ekspor MFO.

DUMAI15 Dilihat

Metro independent – Sejalan dengan visi dan misi Perusahaan serta tanggung jawab untuk menciptakan kilang yang berkontribusi atas peningkatan profitabilitas Perusahaan, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai melakukan lifting perdana Pertalite serta ekspor produk Marine Fuel Oil (MFO), Kamis (28/01).

Acara seremonial yang mengambil tempat di area kilang, tepatnya di pelataran parkir Kantor OM, ini dihadiri oleh General Manager RU II, Permono Avianto, Senior Manager Operation & Manufacturing, Khabibullah Khanafie, serta jajaran Tim Manajemen dan Section Head RU Dumai.

Permono mengatakan bahwa produksi MFO Low Sulfur merupakan salah satu inisiatif dalam rangka peningkatan margin kilang Dumai. “Produksi MFO Low Sulfur ini untuk memenuhi peningkatan _demand_ sesuai dengan aturan Pemerintah yang menegaskan bahwa setiap kapal baik kapal berbendera Indonesia maupun kapal asing yang beroperasi di perairan Indonesia wajib menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur senilai maksmal 0,5% m/m,” terangnya.

Proses produksi MFO Low Sulfur di kilang Dumai berlangsung selama + 10 HK. Produk yang dihasilkan pun telah sesuai dengan standar spesifikasi dari Dirjen Migas No. 0179/K/10/DJM.S/2019 dan ISO 8217-2017. Selanjutnya, produk MFO Low Sulfur sebanyak 200 mega barrel (MB) dengan tujuan Singapore menggunakan MT. Eurointegrity.

Sedangkan untuk produk Pertalite, ini merupakan kali pertama PT KPI RU Dumai melakukan lifting dengan menggunakan kapal tipe Medium Range (MR), yaitu MT. Commodore One dengan tujuan kilang Balongan.

Semoga, lanjut Permono, kegiatan lifting perdana dan ekspor ini berjalan dengan lancar hingga tiba di tujuan serta terus dapat sustain dilakukan di RU Dumai. “Dengan lifting perdana Pertalite dan ekspor MFO Low Sulfur ini membuktikan Perwira dan Pertiwi PT KPI RU II mampu dan dapat berkomitmen penuh untuk menjamin ketahanan energi nasional,” tutupnya. ( Tim,red Pertamina RU II Dumai )

READ  Jadi Pelopor Pencegahan Polusi Lewat Program Sedekah Jelantah, KPI RU Dumai Raih Penghargaan IGA 2023

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional.