PJS Riau-Ketum PJS Matangkan Persiapan Pelatihan

DUMAI, Riau0 Dilihat

Metro independen – Pekanbaru,Dalam rangka mematangkan persiapan pelaksanaan Pelatihan Jurnalistik, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Jurnalis Siber menggelar rapat koordinasi dengan Plt. Ketua Umum DPP PJS Mahmud Marhaba di Pekanbaru, Senin 29 Agustus 2022.

Ketua DPD PJS Riau Drs. Wahyudi El Panggabean, MH mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi wartawan.

“Ini sejalan dengan visi misi PJS dalam mewujudkan wartawan berkompeten,” paparnya.

Direktur Utama Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC) itu mengungkapkan, materi yang diajarkan dalam pelatihan jurnalistik itu merupakan bagian terpenting yang harus dikuasai wartawan.

“Ini penting diikuti. Mengingat materi yang diajarkan dan didukung dengan instrukturnya yang benar-benar menguasai jurnalistik,” paparnya.

Romi Ketua Panitia Pelaksana kegiatan pelatihan jurnalistik mengatakan, pelathan jurnalistik akan diikuti peserta dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Riau.

“Saat ini persiapan terus digesa dan sudah mencapai 85 persen,” papar Romi yang juga Wakil Ketua II DPD PJS bidang Kerjasama itu.

Peserta kata Romi, merupakan anggota yang tergabung di DPD PJS dan di DPC kabupaten/ kota di Provinsi Riau.

“Tahap ini kita menyediakan 50 orang peserta yang akan dibagi dalam beberapa kelompok,” jelasnya.

Sekretaris DPD PJS Provinsi Riau Abdul Kadir, S. Pd., M. Pd., M.I.Kom mengatakan, konsep pelatihan jurnalistik akan menerapkan metode pelatihan Pra UKW.

“Sehingga peserta yang mengikuti pelatihan jurnalistik akan mampu mengikuti Uji Kompetensi Wartawan,” paparnya.

Materi yang akan diajarkan diantaranya strategi mudah menulis berita, strategi menembus narasumber narasumber, kode etik jurnalistik, etika perilaku wartawan, hukum pers dan teknik wawancara.

“Materi akan dikemas dengan sistem praktik langsung,” pungkasnya.

Plt. Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PJS Mahmud Marhaba saat memberikan arahan di hadapan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PJS Riau mengaku optimis PJS akan mengalami perkembangan pesat.

READ  Undang Lembaga Sertifikasi Polri, Polda Riau Gelar Assessmen Uji Kompetensi Bagi Penyidik dan Penyidik Pembantu

“Visi PJS harus kuat. Terwujudnya wartawan profesional, berkompeten dan berintegritas. Ini merupakan dasar pembentukan PJS,” papar Marhaba.

Untuk itu kata Marhaba, PJS hadir membawa misi mulia. Lahirkan wartawan berkompetensi.

“Komitmen kita, semua anggota PJS harus ikut UKW. Pelatihan jurnalistik yang digelar DPD PJS Riau sangat kita apresiasi karena ini sejalan dengan visi misi PJS,” sebut mantan Ketua PWI Gorontalo itu.

Bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Wartawan Perhimpunan Journalist Center (PJC), turut serta memperkuat lahirnya wartawan profesional.

“Program pendidikan PJC akan diadopsi oleh PJS secara nasional,” tutup Penguji UKW dari UPN itu.(tim.red)