Pemkot Apresiasi Program Bazma PT KPI RU Dumai Dalam Menjaga Kehalalan Pangan

PERISTIWA3 Dilihat

Metro independen – Dalam rangka turut menjaga kehalalan pangan di Kota Dumai, Baituzzakah Pertamina (Bazma) PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Dumai mengadakan Pelatihan Sembelih Halal dan Seminar Keluarga Cinta Halal, Selasa (04/10) di Gedung Sri Bunga Tanjung.

Salah satu poin penting sertifikasi halal adalah pada proses pemotongan hewan. Banyak yang masih belum mengetahui bahwa keterampilan dalam penyembelihan hewan secara halal saja ternyata tidak cukup, tetapi juga perlu memperhatikan kesehatan hewan, peralatan yang digunakan, kehigienisan tempat, hingga adab dan menetapkan status kematian hewan yang dipotong.

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Indra Buana, mengatakan bahwa sasaran program ini adalah pedagang ayam se-Kota Dumai yang merupakan salah satu tonggak pertama dalam menjaga kehalalan pangan yang banyak di konsumsi masyarakat

“Selain pedagang ayam yang berjumlah 175 orang, pelatihan ini juga diikuti oleh Ormas Islam serta Muballigh Kota Dumai sebagai sarana penyebaran dakwah,” ujar Indra.

Sedangkan Seminar Keluarga Cinta Halal menyasar peserta yang berasal dari jamaah ibu-ibu sebagai ujung tombak kehalalan makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga.

Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Dumai juga turut hadir pada seminar yang menghadirkan narasumber dari Yogyakarta, Ir. H. Nanung Danar Dono, S.Pt., MP., Ph.D., IPM., ASEAN Eng selaku Direktur Halal Research Centre (HRC) Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Saya atas nama Pemerintah Kota Dumai memberikan apresiasi kepada Bazma PT KPI RU Dumai yang telah mengadakan pelatihan yang sangat bagus ini, demi untuk ketenangan dan kepentingan umat terutama dalam mengkonsumsi makanan yang halal,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan, dalam sambutannya.

READ  GUBERNUR APRESIASI KINERJA POLDA DAN KOREM DALAM PENANGANAN SMB’

Apresiasi juga disampaikan oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Dumai, H. Alfian, kepada Bazma dan PT KPI RU Dumai. H. Alfian mengajak peserta untuk aktif bertanya kepada narasumber jika dirasa ada yang kurang dipahami.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Dumai yang diwakili H. Syawir Kasim mengatakan bahwa pada dasarnya pelatihan ini adalah untuk mendapatkan makanan yang baik, halal dan diridhoi Allah SWT. “Untuk itu saya berharap kepada para peserta agar serius mengikuti pelatihan ini, bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri namun juga untuk kepentingan umat,” terangnya.

Pjs. General Manager PT KPI RU II, Khabibullah Khanafie, berharap agar kegiatan ini menjadi terobosan bagi kita untuk lebih menyadari pentingnya kehalalan makanan yang akan kita konsumsi. “Semoga ilmu yang diperoleh hari ini bisa kita terapkan dalam aktivitas sehari-hari,” tutupnya.

Selain pelatihan dan seminar, Bazma PT KPI RU Dumai secara simbolis juga meresmikan Rumah Pintar (Baitul Mahir) Bazma Brilliant yang berlokasi di Jl. Bangun Sari kelurahan Tanjung Palas.

Adapun program Rumah Pintar (Baitul Mahir) ini antara lain pelatihan menjahit bagi kaum ibu dan remaja, bimbingan belajar untuk anak kelas 4 hingga 6 SD, serta program Tahfidz bagi anak usia 10 tahun ke atas.(tim red)