Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K Turun Langsung Kelapangan Sapa Masyarakat Dalam Kegiatan Operasi Zebra Tahun 2022.

PERISTIWA2 Dilihat

Metro independen – Pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 telah memasuki hari kelima pada hari Jumat (07/10/2022).

Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 ini sudah dimulai sejak hari Senin tanggal 03 Oktober 2022 kemarin dan akan berlangsung selama 14 hari hingga tanggal 16 Oktober 2022 mendatang.

Dihari kelima pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 Polres Dumai, Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K yang berkesempatan turun langsung ke jalan untuk menyapa para pengendara.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K didampingi Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, Kabag Log Polres Dumai AKP Masrial Tanjung, S.Sos dan Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria, S.I.K, M.M beserta Jajaran Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Dumai, menyapa masyarakat yang melintas di kawasan Jalan Sultan Syarif Kasim, tepat didepan Mapolres Dumai.

Dalam pelaksanaannya, Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K terlihat mengenakan rompi khas Polantas berwarna Hijau Cerah. Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K menyapa sejumlah pengendara yang lewat dengan ramah. Mantan Kapolres Rokan Hilir ini juga memberikan dan memasangkan helm kepada para pengendara yang melintas, khususnya kepada anak-anak yang dibonceng oleh pengendera.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K menjelaskan, melalui momentum Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 ini dirinya memerintahkan seluruh personil yang terlibat Operasi untuk turun langsung ke jalan, dengan tujuannya untuk menyapa masyarakat sekaligus menunjukkan bahwa Polisi di Jajaran Polres Dumai siap untuk melindungi, melayani, dan mengayomi masyarakat. Terlebih lagi di jam-jam sibuk, dan yang padat arus lalu lintas juga kegiatan dari masyarakat.

“Pada saat jam sibuk, kami yakinkan bahwa seluruh masyarakat khususnya pengguna jalan, tidak akan ada gangguan keamanan.

READ  Kurun Waktu Sepekan Ditlantas Polda Riau & Jajaran Amankan 55 Motor Balap Liar

Polisi siap membantu Seperti tadi saya membagikan helm kepada pengendara yang membonceng anak-anaknya yang tidak pakai helm, banyak sekali para pengendara yang membawa putra-putrinya untuk diantarkan ke sekolah namun tidak menggunakan helm. Sayangi anak-anak, masa kita sendiri yang selamat,” imbuh Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K.

Untuk itu dikatakan Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K, terkait kondisi seperti itu ia pun menaruh perhatian khusus. Pada Jajaran Polantas untuk membagikan helm gratis pada pengendera yang berboncengan bersama anak-anak selama pelaksanaan Operasi Zebra ini, sekaligus mengarahkan para petugas agar memberikan sosialisasi dan edukasi, supaya anak-anak yang dibonceng juga harus dilindungi keselamatannya.

“Kapolda mengingatkan pada seluruh pengguna motor.Bahwa anak itu bukan tameng loh ya, saya lihat orangtuanya pakai helm, atau saudaranya pakai helm, anaknya di depan tidak pakai helm, ada juga di belakang. Oleh karena itu saya perintahkan agar mengimbau masyarakat, supaya semua pengguna jalan selamat sampai tujuan,” ulasnya.

“Operasi Zebra ini memiliki tujuan untuk menekan angka kecelakaan, pelanggaran lalu lintas juga termasuk mengurai kemacetan. Pendekatan yang dilakukan kepada masyarakat harus mengedepankan aspek humanis, edukatif, dan persuasif. Setidaknya ada 7 (tujuh) sasaran maupun target operasi yakni menggunakan ponsel saat berkendaraan, pengendara dibawah umur, berboncengan lebih dari 1 (satu) orang, tidak menggenakan helm SNI dan safety belt, berkendara melebihi batas kecepatan, berkendaraan dalam pengaruh alkohol dan melawan arus,” tegas Kapolres Dumai.

Selama pelaksanaan Operasi Zebra, petugas sudah gencar melakukan sosialisasi Zebra Lancang Kuning 2022 dan petugas lebih dulu mendatangi titik-titik keramaian. Petugas menggunakan spanduk dan brosur mengingatkan masyarakat tentang pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2022.(tim red)