Plant Stop KPI RU II Dumai Tuntas dan Berjalan Sukses, Manajemen Gelar Syukuran

DUMAI33 Dilihat

Metro independen – Sebagai upaya meningkatkan kehandalan dan operasional kilang agar berjalan secara optimal dan maksimal, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) Dumai telah berhasil melaksanakan program Plant Stop unit kilang PL 1 yang berjalan dengan lancar. Selain itu hasilnya juga lebih cepat 1,09 persen dari target perencanaan.

General Manager KPI RU II Dumai Didik Subagyo mengatakan sebagai bentuk rasa syukur Perusahaan atas keberhasilan pelaksanaan plant stop unit PL 1 tersebut, pihaknya menggelar acara syukuran dan doa bersama dan dilanjutkan dengan kegiatan mindset culture day (MCD), program Good House Keeping (GHK) yang berlangsung di halaman PL-1 yang dihadiri oleh seluruh Tim Management, Section Head PIC MCD dan Mitra Kerja RU II, Rabu, 16 November 2022.

“Kami mengucapkan terima kasih atas seluruh upaya, usaha, sumbangsih kinerja serta sinergi yang baik dan luar biasa dari para pekerja dan juga rekanan yang terlibat sehingga kegiatan Plant Stop unit kilang PL-I dapat selesai dengan waktu yang lebih cepat kurang lebih 1.09 persen atau ahead 5 jam,” ujarnya.

Menurutnya berkat kerja cerdas dan ikhlas semua pihak, kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar sehingga Plant Stop unit kilang PL-I dapat beroperasi kembali dengan normal dan selanjutnya semoga dapat mencapai oktan barrel sesuai dengan target yang diharapkan.

Dia mengakui selama pelaksanaan program Plant Stop unit PL – 1 ini, selalu menerapkan HSSE Golden Rules yaitu PIP (Patuh, Intervensi, Peduli) dilaksanakan dengan baik oleh semua pihak yang terlibat, sehingga dapat tercapai target Zero Accident, On Quality, On Time, dan On Budget.

“Hal tersebut didukung oleh peran serta perwira RU II dan mitra kerja serta 10 perusahaan kontraktor yang menegakkan Golden Rules dan disiplin menjalankan budaya patuh intervensi dan peduli, sehingga dapat tercapai target Zero Accident, On Quality, On Time, dan On Budget.” ungkapnya.

READ  Yusri Aziz Kel Bagan Besar Tinjau Langsung Lokasi HPK Dan HPT Tetapkan Tapal Batas Dengan Masyarakat.

Sementara itu di momen MCD, Manager Maintenance Execution KPI RU Dumai Ronald Pasaribu menjelaskan tentang manajemen berbagi, dengan tema 5R Good House Keeping.

Program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) merupakan adaptasi program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke) yang dikembangkan di Jepang dan sudah digunakan oleh banyak negara di seluruh penjuru dunia.

Program ini merupakan suatu metode sederhana untuk melakukan penataan dan pembersihan tempat kerja yang dikembangkan dan diterapkan di Jepang.

5R merupakan budaya tentang bagaimana seseorang memperlakukan tempat kerjanya secara benar. Bila tempat kerja tertata rapi, bersih, dan tertib, maka kemudahan bekerja perorangan dapat diciptakan, dan dengan demikian 4 bidang sasaran pokok industri, yaitu efisiensi, produktivitas, kualitas, dan keselamatan kerja dapat lebih mudah dicapai.

Usai pemaparan, kemudian acara dilanjutkan dengan pulse check persiapan audit lingkungan oleh GM KPI RU Dumai, tim management dan kegiatan GHK di lingkungan Hydro Skimming Complex (HCS) pasca plant stop oleh seluruh peserta MCD.
(Tim red)