Meriahkan Bulan K3 Nasional : PT KPI RU Dumai Gelar Donor Darah Dan Pemeriksaan VCT

DUMAI5 Dilihat

Metro independen – Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memeriahkan Bulan K3 Nasional 2023, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai menyelenggarakan kegiatan donor darah dan pemeriksaan VCT, pada Rabu dan Kamis (1-2/2/2023).

Pjs. Area Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Abraham Lagaligo, menyampaikan bahwa menyampaikan pada tahun lalu di event yang sama, jumlah pendonor yang berasal dari lingkup RU Dumai mencapai 300 pendonor.

“Tahun ini alhamdulilah peserta donor darah meningkat menjadi 339 orang yang terdiri dari pekerja dan mitra kerja di lingkungan PT KPI RU Dumai. Untuk pelaksanaannya kami bekerja sama dengan PMI Kota Dumai dan Rumah Sakit Pertamina (RSPd),” ungkapnya.

Dia menjelaskan kegiatan donor darah ini adalah kegiatan yang penting, benar-benar berarti nyawa bagi kehidupan orang lain. Melalui donor darah, sadar atau tidak sadar, telah terjadi simbiosis mutualisme antara pendonor dengan penerima donor, sehingga setiap tetes darah yang disumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Menurutnya donor darah dapat mengurangi risiko terjadinya stroke, serangan jantung serta membantu kelancaran peredaran aliran darah (sistem kardiovaskular). Donor darah ini juga mampu memberikan kesehatan psikologis, yang menumbuhkan keinginan untuk berbagi kebahagiaan membantu masyarakat yang membutuhkan.

Selain donor darah, PT KPI RU Dumai juga menggelar Voluntary Counseling and Testing (VCT) – HIV. Perusahaan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Dumai, yang bertujuan untuk skrining dini, sosialisasi dan edukasi pengetahuan tentang HIV.

“Sosialisasi dan edukasi ini dilakukan dengan mengadakan podcast dengan tema Fakta dan Mitos Seputar Penyakit Seksual yang telah dilaksanakan pada Kamis, 2 Februari 2023. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya PT KPI RU Dumai dalam melaksanakan program P2 HIV/AIDS di tempat kerja,” ujarnya.

READ  Refleksi Kinerja Tahun 2023, PT KPI Unit Dumai Gelar Townhall Meeting

Dia menambahkan telah dilaksanakan juga survey pengetahuan dan perilaku terkait pengendalian dan pencegahan infeksi HIV di lingkungan KPI RU Dumai. Survey ini telah diisi oleh 226 orang partisipan.

“Insya Allah dengan kegiatan ini harapan kami akan melahirkan suatu pemikiran yang mulia dengan membantu orang lain melalui donor darah, dan pada akhirnya membuat orang tersadar kalau hidup ini terbatas sehingga mereka termotivasi untuk menghargai hidup dan berusaha mencapai tujuan yang mulia pula,” pungkasnya.( Tim red)