Jadi Pelopor Pencegahan Polusi Lewat Program Sedekah Jelantah, KPI RU Dumai Raih Penghargaan IGA 2023

DUMAI3 Dilihat

Metro independen – DUMAI,Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Sedekah Jelantah dari PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai mendapatkan penghargaan dalam ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2023 yang diikuti 200 perusahaan. PT KPI RU Dumai meraih penghargaan pada kategori Mempelopori Pencegahan Polusi yang digelar di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, pada Rabu (22/2/2023).

Indonesia Green Awards merupakan ajang penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR kepada perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas atau kepada siapa saja yang dianggap berprestasi dan berjasa bagi lingkungan sekitar.

Penyelenggara IGA 2023, La Tofi menjelaskan pentingnya memberikan penghargaan dari pusat bagi daerah-daerah yang peduli akan lingkungan.

“Penghargaan ini adalah pesta dari pada pejuang lingkungan. Bapak ibu hadir disini bukan hanya hadir untuk mendapat trofi atau sertifikat, tapi bapak ibu menjadi bagian yang penting dari upaya Indonesia dalam menyelamatkan bumi tercinta,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Menteri Pariwisata Sandiaga Uno yang juga hadir, memaparkan program pariwisata peduli lingkungan dengan konsep konservasi atau sustainable tourism. Sandi Uno juga berterima kasih kepada La Tofi selaku penyelenggara karena telah membantu memberikan apresiasi kepada aktivis lingkungan Indonesia.

“Sekarang yang kita jual adalah nature dan culture, kalau tidak sutainable, tidak mungkin kita bisa manawarkan begitu banyak destinasi yang indah. Ada 3 si yang dibutuhkan. Inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Terima kasih telah memberikan apresiasi yang dibutuhkan, semoga akan terus menjadi lebih baik.”

Pada kesempatan terpisah, Pjs Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai, Nurhidayanto, menjelaskan program TJSL Sedekah Jelantah merupakan program yang bertujuan untuk mengkampanyekan kepada masyarakat agar tidak membuang limbah minyak bekas memasak sembarangan.

READ  Tanamkan Pemahaman Energi Sejak Dini melalui Pertamina Energi Negeri 5.0

Minyak jelantah yang telah terkumpul diakumulasikan menjadi bibit pohon tabebuya untuk ditanam di pinggir jalan Kota Dumai yang diharapkan akan menyerap emisi karbon yang dihasilkan baik dari masyarakat maupun perusahaan -perusahaan industri di Kota Dumai.

Sedekah Jelantah berhasil direplikasi oleh kelompok binaan PT KPI RU Dumai dan sukses membantu operasional kelompok dan menyalurkan bantuan sosial juga ke masyarakat yang membutuhkan. Sedekah Jelantah merupakan program TJSL PT KPI RU II Dumai yang mengangkat isu lingkungan, ekonomi, dan sosial. Pihaknya berkomitmen untuk melahirkan program-program serupa, demi tercapainya SDGs 2030.

“PT Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai berkomitmen untuk membentuk program yang berorientasi pada lingkungan, masyarakat, dan perekonomian, sesuai dengan SDGs 2030 yang sedang sama-sama kita upayakan,” pungkasnya.

Adapun pada malam penganugerahan IGA 2023 juga dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyo, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Penghargaan diserahkan oleh La Tofi dan Velix Wanggai selaku Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintah dan Wawasan Kebangsaan.( Tim red)