Tingkatkan Budaya Keselamatan Kerja : KPI RU Dumai Gelar Fire Fighting Contest

DUMAI4 Dilihat

Metro independen – DUMAI,Untuk meningkatkan budaya keselamatan kerja di perusahaan, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai melaksanakan kegiatan Fire Fighting Contest bagi internal dan eksternal yang dilaksanakan di Fire Ground PT KPI RU Dumai, Rabu-Jumat (22-24/2/2023).

Section Head Emergency dan Insurance RU Dumai, Sjahru Sjakbani, mengatakan kegiatan ini merupakan adopsi dari Best Practice Fire Fighter Physical Aptitude Test (FPAT) yang diterapkan Fire and Rescue Team di berbagai negara serta beberapa best practise pelaksanaan lomba Fire Fighter Combat yang pernah diadakan pada event internasional maupun nasional, namun pada pelaksanaannya tidak diaplikasikan 100 persen karena dilakukan modifikasi, dengan mempertimbangkan sarana dan fasilitas yang dimiliki PT KPI RU Dumai.

“Tujuan kegiatan ini diantaranya ikut merayakan momen Bulan K3 Nasional dan tentunya untuk meningkatkan budaya keselamatan kerja di perusahaan, serta menjalin kolaborasi yang baik dengan stakeholder terkait penanggulangan bencana kebakaran,” ungkapnya.

Selain itu perlombaan ini juga akan melatih kesiapsiagaan dalam penanggulangan kebakaran, menguji keahlian dan ketangkasan dalam menggunakan peralatan Rescue dan Pemadam, serta menjalin kerjasama antar instansi/perusahaan dalam hal penanggulangan keadaan darurat.

Dia merincikan dari internal perusahaan perlombaan ini diikuti oleh HCC, HSC, HOC, OM, Utilities, TA, RPO, REL, OPI, MPS, Eng & Dev, ME-1 (MA1 & MA2), ME-2 (MA3 & Workshop), ME-3 (MA4 & Genmaint), RU II Sungai Pakning, Procurement, Supporting (Asset, Legal, Commrel, IA).

Sementara itu dari pihak eksternal diikuti oleh Pertamina Hulu Rokan, Pertamina Trans Kontinental, PATRA SK, PBBCE Patra Niaga Dumai 1, PBBCE Patra Niaga Dumai 2, Integrated Terminal Dumai, Pelindo I Dumai, PELITA, Kawasan Industri Dumai – Wilmar, Sari Dumai Sejari (Apical).

READ  Program Kampung Minapolitan Pertamina Dumai Raih Penghargaan Tingkat Nasional.

Adapun teknis kegiatan ini diantaranya yaitu pertama, lomba terdiri dari 6 stage, dengan point 100/stage & 150 stage fire screen dan point akumulasi waktu. Kedua, penilaian peserta berdasarkan akumulasi point pada tiap stage, waktu total dari start hingga finish dan penilaian teknis penyelesaian lomba.

Ketiga, pemenang lomba adalah Tim yang meraih waktu tercepat serta menggunakan teknik yang benar dan telah menyelesaikan seluruh tahapan lomba dengan aman dan sportif. Keempat, bagi peserta yang gagal melaksanakan tahapan lomba, maka peserta tersebut mendapatkan pengurangan point.( Tim red)