Momen IFFD, PT KPI RU Dumai Laksanakan Firefighter Goes to School ke SMKN 5 Dumai

DUMAI6 Dilihat

Metro independen – DUMAI,Untuk meningkatkan awareness fire emergency response kepada seluruh stakeholder, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai ikut merayakan momen International Firefighter Day (IFFD) tahun ini. Sejumlah program terkait juga telah dilangsungkan untuk memeriahkan momen tersebut, salah satunya Firefighter Goes to School ke SMKN 5 Dumai, Rabu (3/5/2023).

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai, Agustiawan, menjelaskan IFFD diperingati setiap tanggal 4 Mei. Peringatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan tim Pemadam Kebakaran di seluruh dunia, khususnya pada yang gugur ketika bertugas.

“Pada tahun ini, PT KPI RU Dumai menetapkan pelaksanaan rangkaian kegiatan guna memperingati IFFD yang dilaksanakan mulai 26 April – 26 Mei 2023 mendatang. Pelaksanaan rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk menjadi media campaign, edukasi dan peningkatan awareness aspek fire emergency response kepada seluruh stakeholders,” ungkapnya.

PT KPI RU Dumai melalui Fungsi HSSE telah menetapkan beberapa kegiatan untuk memperingati IFFD pada 2023 ini. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah “Firefighter Goes to School” dengan lokasi di SMKN 5 Dumai.

Section Head Emergency & Insurance, Sjahru Sjakbani, hadir langsung serta membagikan ilmu dan pengalaman kepada murid dan guru SMKN 5 Dumai.

Dia menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan tugas dan tanggung jawab pemadam kebakaran, khususnya di lingkungan RU Dumai, kepada siswa-siswi dan juga guru-guru serta media sharing knowledge mengenai penyebab kebakaran, pencegahan kebakaran dan penanggulangan kebakaran yang dapat dilakukan dengan peralatan yang tersedia di rumah.

Selain pengenalan teori, murid dan guru peserta juga diberikan pengalaman untuk praktek langsung pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Fire Blanket.

READ  Pertama Kali Digelar, Perwira PT KPI Unit Dumai Raih Penghargaan di Kompetisi Paper Ilmiah IKMS

“Dengan kegiatan ini diharapkan murid-murid dan guru yang mengikuti kegiatan dapat memahami mengenai penanggulangan dan pencegahan kebakaran serta dapat mengetahui cara aman pelaksanaan pemadaman apabila dibutuhkan ketika terjadi kebakaran di lingkungan sekitar tempat tinggalnya,” pungkasnya.

Adapun selain kegiatan Firefighter Goes to School, momen IFFD ini akan dilanjutkan dengan apel opening ceremony dan PT KPI RU Dumai Firefighter Annual Award, dan Street Campaign di lingkungan perusahaan.( Tim red)