Jalankan Program Family Road to Refinery, PT KPI Unit Dumai Bangun Kebanggaan dan Keselamatan Kerja Dari Keluarga

DUMAI8962 Dilihat

Metro independen – DUMAI,Guna meningkatkan rasa kebanggaan dan keselamatan kerja yang dimulai dari lingkungan keluarga, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai kembali menggelar program Family Road to Refinery (FRTR), Senin (19/6).

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengatakan bahwa program yang telah berjalan sejak awal Juni lalu ini didesain untuk mendorong keluarga pekerja agar menjadi agen endorsement reputasi Pertamina dan memahami proses bisnis serta risiko-risiko yang ada dalam bisnis perusahaan.

“Sesuai dengan arahan Komisaris PT Pertamina (Persero), PT KPI Unit Dumai menggelar program Family Road to Refinery ini. Peserta kali ini sebanyak 17 orang dari keluarga pekerja di fungsi Utilities. Mereka mengikuti serangkaian kegiatan yang telah disiapkan,” jelasnya.

Sebelum mengunjungi area kilang, peserta diberikan pembekalan mengenai safety induction oleh tim HSSE RU II. Peserta diharapkan paham mengenai tata aturan, peralatan apa yang boleh dan tidak boleh dibawa, potensi risiko dan bahaya, serta _do’s and don’ts_ selama berada di area kilang.

Selanjutnya peserta juga diberikan pengetahuan tentang tata nilai AKHLAK yang diterapkan di Pertamina oleh Ketua Agent of Change (AoC) RU II. Dilanjutkan dengan pengantar mengenai tujuan kegiatan serta proses bisnis oleh fungsi OPI dan Utilities.

“Pengetahuan tersebut juga dirasa perlu untuk diketahui oleh keluarga pekerja agar semakin muncul kecintaan dan rasa memiliki sehingga semakin tulus iklas mendukung dan memberikan semangat kepada suami atau istrinya yang bekerja disini,” lanjut Agustiawan.

Pada kesempatan kali ini, peserta diajak mengunjungi sejumlah unit yang berada di area kilang, diantaranya Control Room, Area Boiler HDC, Campo Boiler HDC, PLTU, Sea Side, Boiler Existing, Makam Putri Tujuh, dan berakhir di Demo Room untuk mendengarkan kesan dan pesan peserta bersama perwakilan tim manajemen PT KPI Unit Dumai yang diwakili oleh Manager Engineering & Development, Yodia Handhi Prambara, serta Manager OPI, Ririanti Safrida.

READ  PERDA PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN PERANGKAT DAERAH RESMI DISETUJUI DPRD KOTA DUMAI

“Setelah dijelaskan terkait proses bisnis serta diajak berkeliling ke area kilang, sekarang makin tambah paham tentang area kerja suami, tugas dan tanggung jawabnya, serta perannya dalam proses bisnis PT KPI Unit Dumai untuk memproduksi BBM bagi masyarakat. Semoga seluruh pekerja selalu diberikan keamanan dan kenyamanan dalam bekerja,” ungkap Lismaya Maisaroh, salah satu istri pekerja yang turut hadir pada program FRTR kali ini.

Melalui agenda ini, PT KPI Unit Dumai menegaskan pentingnya keselamatan kerja dan mematuhi standar keselamatan yang berlaku. Dengan melibatkan keluarga karyawan dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap proses bisnis perusahaan, pihaknya berharap dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi para pekerja.(Tim red)