Berhasil Jaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja, PT KPI Unit Dumai Raih Penghargaan K3 dari Kemenaker

DUMAI6 Dilihat

Metro independen – DUMAI,Berkat keberhasilan dalam berbagai program terkait kesehatan dan keselamatan kerja, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai raih sejumlah penghargaan K3 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, di Hotel The Tribrata Jakarta, Kamis (22/6).

VP Production Planning & Monitoring PT KPI, Permono Avianto, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kemenaker RI atas dedikasi perusahaan dalam menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja serta menerapkan praktik K3 yang unggul.

“Penghargaan K3 Tahun 2023 yang diterima PT KPI Unit Dumai ini didasarkan pada hasil evaluasi tingkat pusat yang mempertimbangkan beberapa kriteria, termasuk pelaksanaan uji petik di beberapa wilayah. Selain itu, Lembaga Audit Sistem Manajemen K3 (SMK3) juga menyampaikan laporan yang menjadi dasar penilaian,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa PT KPI Unit Dumai berhasil meraih tiga penghargaan bergengsi dalam kegiatan tersebut. Pertama, perusahaan dinyatakan layak menerima penghargaan kecelakaan nihil (zero accident award) dengan 21.784.514 jam kerja orang tanpa kecelakaan mulai periode 01 Januari 2020 hingga 31 Desember 2022. Prestasi ini mencerminkan komitmen PT KPI Unit Dumai dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan menciptakan lingkungan kerja yang aman bagi pekerja.

Kedua, PT KPI Unit Dumai dianugerahi penghargaan atas program Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS di tempat kerja dengan kategori GOLD. Perusahaan telah melaksanakan program yang komprehensif untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS, termasuk penyuluhan, tes, dan pendampingan.

Ketiga, PT KPI Unit Dumai juga meraih penghargaan atas program Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di tempat kerja dengan kategori PLATINUM. Selama pandemi, perusahaan telah mengambil langkah-langkah penting untuk melindungi karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang aman dari penyebaran virus. Protokol kesehatan yang ketat, tes rutin, dan vaksinasi adalah beberapa langkah yang diterapkan dengan serius.

READ  Gandeng LAZ MHC, PT KPI RU Dumai Gelar Pelatihan Welder dan Safety

“Selain sebagai sebuah prestasi yang patut dibanggakan oleh seluruh pekerja, penghargaan ini juga harus menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus berbuat lebih agar mencetak prestasi yang lebih baik lagi ke depannya. PT KPI Unit Dumai akan senantiasa berkomitmen untuk terus meningkatkan standar K3 dan menciptakan lingkungan kerja yang aman serta sehat bagi seluruh pekerja,” pungkasnya.( Tim red)