Wagub Sani Harap ADI Jadi Barisan Terdepan Cerdaskan Bangsa

Jambi4 Dilihat

Metro independen – JAMBI,Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.P.di, mengharapkan ASOSIASI DOSEN INDONESIA (ADI) dan segenap pengurus ADI untuk selalu solid dan mampu menjadi barisan terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan masyarakat khususnya di Provinsi Jambi dan bangsa Indonesia umumnya.

Pernyataan ini disampaikan Wagub pada Musyawarah Wilayah Asosiasi Dosen Indonesia (Adi) Ke-1 Provinsi Jambi dengan Tema “Profesionalitas Akademisi Dalam Mengungguli Kompetisi Global”, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (08/07/2023.

Dijelaskan Wagub Sani bahwa ADI yang merupakan salah satu wadah berkumpulnya para profesi dosen di Indonesia memiliki peran penting dan strategis serta tanggung jawab sosial terhadap bangsa terutama dalam pendidikan formal, yang dalam hal ini pendidikan tinggi.

Karena selaku tenaga pengajar dan pendidik, dosen memilki peran dan tanggung jawab dalam mempersiapkan mahasiswanya agar memiliki kompetensi keilmuan dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam nation and character building.

“Pemerintah Provinsi Jambi juga berkomitmen dalam pengembangan sumber daya manusia sebagaimana termuat dalam Visi Jambi MANTAP yang salah satu misinya adalah Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia, melalui beberapa program unggulan dalam upaya peningkatan Pendidikan, salah satunya adalah pemberian beasiswa bagi mahasiswa Program S1 dan Program S3 yang diperuntukkan bagi para dosen pada perguruan tinggi negeri dan swasta untuk studi di dalam/luar negeri,” ungkap Wagub Sani.

Wagub Sani juga mengharapkan melalui Muswil ini ada konsolidasi organisasi, dan segenap pengurus ADI untuk selalu solid dan mampu menjadi barisan terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan masyarakat khususnya di Provinsi Jambi dan bangsa Indonesia umumnya.

“Besar harapan saya agar Musyawarah Wilayah Asosiasi Dosen Indonesia Provinsi Jambi, asosiasi para cendekiawaan ini turut menginventarisir berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi Provinsi Jambi, juga memprediksi berbagai tantangan pada masa yang akan datang, serta memberikan gagasan yang berisi solusi terhadap permasalahan-permasalahan tersebut, agar Provinsi Jambi bisa mencapai kemajuan yang berkesinambungan dan memiliki daya saing yang baik, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harap Wagub Sani.

READ  Resmi, Ketua SMSI Provinsi Jambi Serahkan SK Kepengurusan SMSI Muaro Jambi

“Semoga Musyawarah Wilayah ini berlangsung dengan baik dan lancar sesuai dengan agenda yang telah direncanakan serta menghasilkan poin-poin penting demi kemajuan organisasi, dengan menjaga soliditas antar pengurus dan anggota serta membangun sinergi dengan pemerintah dalam membangun masyarakat yang cerdas dan berdaya saing menuju kemakmuran dan kesejahteraan bersama,” pungkas Wagub Sani. (Tim red)