Jalankan Strategi Inisiatif Pemanfaatan Bahan Bakar Ownused, PT KPI Unit Dumai Hemat Biaya Hingga Rp 14,4 Miliar

DUMAI7588 Dilihat

Metro independen – DUMAI,Menjelang momen peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-78 dan bertepatan dengan momen Hari Jadi Provinsi Riau ke-66, Perwira PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai telah menciptakan terobosan dalam hal penghematan biaya dan inovasi.

Inisiatif dimaksud adalah pemanfaatan bahan bakar ownused diesel engine, dan telah berhasil diimplementasikan di beberapa lokasi penting. Hal ini mencakup WPS Rokan, WTP Bukit Datuk, dan juga untuk kebutuhan peralatan mesin di Maintenance Area.

Pada acara launching program optimalisasi BBM own use, Rabu (9/8), Direktur Keuangan PT KPI, Fransetya Hasudungan Hutabarat menjelaskan bahwa launching program ini sejalan dengan semangat untuk terus bergerak maju dan berkontribusi positif terhadap keberlanjutan bisnis dan lingkungan.

Diantaranya dengan mengoptimalkan sumber daya, serta melakukan koordinasi yang efektif untuk mewujudkan inisiatif berdampak tinggi ini. Prinsip-prinsip adaptif dan kolaboratif dari AKHLAK, telah menjadi landasan utama dalam merealisasikan inovasi ini.

“Inovasi ini merupakan langkah yang positif untuk PT KPI Unit Dumai dan PT KPI, dimana inisiatif ini merupakan hadiah di momen peringatan HUT RI ke-78, dengan harapan seluruh unit PT KPI dapat menerapkan inovasi ini dan terus berkolaborasi sesama Perwira,” ungkapnya.

Dia menambahkan agar seluruh Perwira untuk dapat meningkatkan kinerja, dan terus menjalin sinergi untuk menjawab target dan sasaran hingga akhir tahun 2023 ini.

Adapun penerapan inovasi pemanfaatan bahan bakar ownused diesel engine ini membuat proses operasional PT KPI Unit Dumai jauh lebih cepat, efisien, dan ekonomis.

Menurutnya penggunaan bahan bakar ownused ini menghasilkan penghematan biaya yang cukup substansial, dengan perkiraan penghematan sebesar Rp1,2 miliar per bulan atau Rp14,4 miliar per tahun.

READ  PT KPI RU Dumai Salurkan Bantuan Kepanti Asuhan : Dalam Rangka Syukuran HUT Pertamina Ke-65

Namun, manfaatnya tidak berhenti di sana. Terdapat potensi penghematan biaya yang lebih besar melalui program pemanfaatan bahan bakar ADO Ownused untuk operasional Kendaraan Ringan Perusahaan (KRP).

Proses pemanfaatan bahan bakar ini melibatkan tahap diskusi kelompok, evaluasi teknis, penyediaan sarana, serta prosedur pengoperasian yang matang. Setelah memastikan kualitas bahan bakar sesuai standar, dilakukan proses penyaluran bahan bakar dari tangki produk ke tank truck untuk selanjutnya dikirim ke lokasi tujuan.

“Inisiatif ini merupakan bukti nyata kapabilitas Perwira PT KPI Unit Dumai dalam mewujudkan efisiensi dan produktivitas untuk memperkuat bisnis. Prestasi ini juga selaras dengan semangat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, yang menginspirasi pergerakan maju untuk mencapai Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

Inovasi yang diluncurkan tepat di momen Hari Jadi Provinsi Riau ke-66 ini juga melengkapi kontribusi PT KPI Unit Dumai untuk Provinsi Riau. Seperti yang diketahui, PT KPI Unit Dumai merupakan unit kilang dengan kapasitas terbesar ketiga di Indonesia, dengan kapasitas produksi mencapai 170 MBSD atau setara dengan 16,5% dari total kapasitas kilang yang dimiliki PT KPI. Kilang Dumai merupakan kilang penyangga utama pasokan BBM di Provinsi Riau hingga Sumatera Bagian Utara dengan persentase kontribusi terhadap kebutuhan energi nasional sebanyak 26%.(tim red)