Komitmen Menjalankan Budaya K3, PT KPI Unit Dumai Kembali Diganjar Penghargaan WISCA 2024

PERISTIWA10 Dilihat

Metro independen – DUMAI,Komitmen dan konsistensi PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai dalam menjalankan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara berkelanjutan kembali diganjar penghargaan level Gold _(proactive)_ dari World Safety Organization Indonesia Safety Culture Award (WISCA), yang secara simbolis diterima pada Selasa (30/4) Yudistira Ballroom, Patra Jasa Office Tower Jakarta, oleh Manager HSSE, Reza Merizki Siregar.

Ajang penghargaan WISCA tersebut diberikan kepada seluruh perusahaan atas pencapaian kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang telah diimplementasikan oleh Peserta WSO Indonesia-Pakistan Safety Culture Award (WISCA-WPSCA) 2024 khususnya dalam membangun budaya keselamatan (safety culture). WSO (World Safety Organization) sendiri merupakan organisasi non pemerintah (NGO) internasional yang berdiri pada tahun 1975 dan bergabung dalam United Nation Economic & Social Council (ECOSOC) sejak 1987 dan berkantor pusat di Amerika Serikat.

General Manager PT KPI Unit Dumai, Didik Subagyo, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan wujud nyata apresiasi atas komitmen PT KPI Unit Dumai yang senantiasi menjunjung tinggi aspek budaya K3 di lingkungan perusahaan.

“Apresiasi ini merupakan buah dari disiplin seluruh Perwira di PT KPI Unit Dumai yang terus berkomitmen dalam mematuhi aspek safety. Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk menjadi lebih baik ke depannya,” ungkap Didik Subagyo.

Untuk mendapatkan penghargaan bergengsi ini, PT KPI Unit Dumai sebelumnya telah menjalan penilaian atau verifikasi yang terperinci dari tim verifikator. Adapun poin-poin yang menjadi aspek penilaian untuk penghargaan ini mencakup metode pengukuran level budaya yang digunakan, evaluasi hasil pengukuran level budaya, review program Budaya yang dijalankan dalam perusahaan dan kinerja K3 secara umum termasuk penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) Perusahaan.

READ  Inovasi Produk Andalan PT KPI RU II Dumai Berhasil Raih Penghargaan Dharma Karya dari Kementerian ESDM RI

Beberapa program PT KPI Unit Dumai yang berkaitan dengan budaya K3 antara lain Grand Safety Talk, Tool Box Meeting, Mindset and Culture Day, dan lain sebagainya. PT KPI RU Dumai juga terus menerapkan Corporate Life Saving Rules (CLSR) dan HSSE Golden Rules dalam setiap kegiatan.

Pada ajang penghargaan WISCA 2024 yang mengusung tema “Roadmap to World Class Safety Culture. Program & Strategy” itu, Manager HSSE PT KPI Unit Dumai, Reza Merizki Siregar, berkesempatan menjadi pembicara pada sesi sharing session.

Selain penghargaan level Gold yang diterima, PT KPI Unit Dumai juga meraih penghargaan kategori Concerned CSR-OSH Award (Corporate Social Responsibility – Occupational Safety & Health) atas program-program Tanggung Jawab sosial (TJSL) yang berdampak untuk masyarakat dan lingkungan di Kota Dumai.

“Safety culture yang dibangun dan senantiasa dijalankan oleh perusahaan tentunya menjadi pondasi awal dan terpenting dalam membangun K3 yang andal guna menekan angka kecelakaan kerja yang dapat merugikan banyak pihak,” lanjut Didik Subagyo.

Didik Subagyo juga menaruh harapan agar apresiasi yang telah didapatkan membuat para pekerja semakin termotivasi.

“Selamat atas kinerja dan kerja keras untuk apresiasi ini. Semoga penghargaan ini dapat terus menjadi motivasi bagi kita semua agar terus meningkatkan _awareness_ terhadap aspek HSSE serta dapat meningkatkan performa HSSE Excellence untuk menciptakan budaya K3 yang kuat dan berkelanjutan untuk perusahaan,” tutup Didik Subagyo.( tim red )