Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dusun (PMD) Gelar Rapat Sosialisasi Perbup No 35 Tahun 2019.

BUNGO, PEMERINTAH9 Dilihat

Metro indpenden – Diawali dengan pembukaan rapat Sosialisasi perbup no 35 tahun 2019 dilaksanakan diruang pola kantor bupati Bungo pada hari Kamis tanggal 6/ 2 / 20 dibuka langsung oleh Kepala Dinas PMD Taufik Hidayat mengatakan dalam sambutannya, Adapun Dasar-Dasar hukum penyelenggaraan PilRio serentak sebagai berikut.

Dasar hukum penyelenggaraan PP nomor 64 dan 47 tentang perubahan atas PP 43 tentang pelaksanaan HAM peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 tahun 2004 tentang pemilihan kepala desa Permendagri tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa.

Permendagri 66 tahun 2017,dan Perbup tahun 2016 Nomor 10, peraturan Bupati Nomor 12 tahun 2018 tentang pemilihan dan pengangkatan serta pengertian peraturan Bupati Nomor 35 tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan Perda No 12 dan terakhir Nomor 7 Tahun 2020 tentang perubahan atas UU Nomor 35.

Adapun maksud dan tujuan asasi adalah dalam rangka menambah dan meningkatkan pemahaman kepada pihak-pihak yang terlibat terkait khususnya di dalam pemilihan Pilrio serentak,Taufik Hidayat sampaikan kepada Bapak Wakil Bupati lebih kurang 203 orang yang terdiri dari 16 orang camat, 69 ketua BPD 69 orang Rio,dan ketua panitia pilrio sebanyak 69 orang.

“Pembiayaan kegiatan ini melalui anggaran DPA Dinas pemberdayaan Masyarakat dan desa tahun 2020, Taufik menambahkan bahwa rencana pelaksanaan Pilrio Serentak akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 25 Maret 2020 mendatang”Ujarnya.

Oleh karena itu, saya meminta kepada Bapak Wakil Bupati untuk berkenan membuka secara resmi sosialisasi Perbup Bungo No 35 Tahun 2019 Kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini,”Ungkap Taufik Hidayat.

Sementara itu Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd mengatakan, tahun 2020 kita kembali dilaksanakan pesta demokrasi untuk tingkat lokal pemilihan gubernur dan juga 5 pemilihan Bupati wali kota dalam provinsi Jambi, termasuk pada pemilihan Rio.

READ  Ketua TPP- PKK Tebo Berikan Pelatihan Kepada Kader Di Kecamatan.

Sebanyak 69 Dusun yang mengikuti pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2020 mendatang.

“Ada 2 harapan besar terhadap yang akan kita laksanakan di Pilrio nanti.

pertama adalah mudah-mudahan Pilrio nanti bisa berlangsung dengan aman, nyaman,lancar dalam situasi yang kondusif.

Kedua mudah-mudahan Pilrio nanti merupakan cerminan dari demokrasi di tingkat Dusun filosofisnya adalah pesta harus menciptakan suasana yang membahagiakan dan menyenangkan.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semuanya, termasuk dari pihak TNI dan Polri secara langsung dalam pengamanan kegiatan di Pilrio nantinya,”Imbuhnya.

Pilrio ini menjadi sesuatu yang penting bahkan sangat penting karena apa karena masyarakat akan memilih pemimpin dalam konteks ini tidak hanya dipandang sebagai pemimpin tetapi juga sebagai pemangku adat,”Kata Wakil Bupati Bungo H.Safruddin Dwi Aprianto,S.Pd

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Para Kepala OPD di Lingkup Kabupaten Bungo,Para Kabag,Camat,Datuk Rio,Ketua BPD,serta Tamu Undangan Yang lainnya( team ).