Bupati Bungo Pimpin Apel Terpadu Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid – 19

182
Bupati Bungo Pimpin apel siaga pendisiplinan Covid - 19

Metro independen – Bupati Bungo H Mashuri SP, ME pimpin apel terpadu pasukan operasi pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 di Arena MTQ Baru, Jum’at (05/06/2020).

Tampak hadir pada upacara ini selain Bupati juga ada unsur Forkopimda, Wabup, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Bungo dan seluruh petugas, para Kepala OPD, Kabag, Kabid, Camat di lingkup Pemkab Bungo dan Dinas/Badan terkait unsur vertikal serta undangan lainnya.

Bupati Bungo dalam sambutannya mengatakan bahwa apel terpadu gelar pasukan operasi pendisiplinan protokol kesehatan di Kabupaten Bungo ini merupakan langkah strategis kita bersama untuk mewujudkan sinergitas antar stakeholder terkait dalam penanggulangan bencana non alam penyebaran virus Corona 19 atau lebih dikenal dengan covid-19 di wilayah kabupaten Bungo.

“Apel terpadu gelar pasukan operasi pendisiplinan protokol kesehatan di Kabupaten Bungo ini merupakan langkah strategis kita bersama untuk mewujudkan sinergitas antar stakeholder terkait dalam penanggulangan bencana non alam penyebaran Virus Corona atau lebih dikenal dengan covid-19 di wilayah kabupaten Bungo,” kata Mashuri.

Tujuannya untuk memastikan kesiapan sumber daya manusia peralatan sarana dan prasarana percepatan penanganan pencegahan penyebaran wabah covid-19 di Kabupaten Bungo dan tak kalah pentingnya adalah tindakan yang dilakukan terencana terkoordinir terpadu dan cepat dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada.

Disamping itu juga untuk mengurangi risiko dampak penyebaran wabah covid-19 bagi kesehatan masyarakat psychologist masyarakat kerugian harta benda atau korban jiwa,” tambahnya.

Penanganan pencegahan penyebaran wabah covid 19 di tengah masyarakat saat ini telah memasuki babak baru dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan untuk memasuki era kehidupan baru atau normal langkah menuju kedisiplinan protokol kesehatan di Kabupaten Bungo dilakukan secara bertahap dimulai dari lingkup ASN, TNI/Polri bahwa dunia usaha sampai kepada masyarakat kita yang ada di dusun dusun kehidupan berjalannya protokol kesehatan secara disiplin supaya masyarakat tetap bisa bekerja produktif namun tanpa risiko penularan covid-19.

Protokol kesehatan meliputi jaga jarak waktu di kantor transportasi umum berbelanja berinteraksi dengan orang lain menyediakan hand sanitizer di mana-mana selalu pakai masker saat di luar ruangan sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir langsung mandi saat pulang ke rumah terlepas bekerja tidak kontak fisik saat bertemu dengan orang lain jika demam batuk atau pilek agar beristirahat di rumah.

Penerapan kesehatan di Kabupaten Bungo untuk tahap awal ini akan difokuskan di area publik seperti Pasar Atas Muara Bungo dengan mendirikan posko-posko di Pasar Atas dan di Pasar Bawah selain itu selain di area pabrik tersebut penerapan toko kesehatan untuk tahap awal juga dilaksanakan di lingkungan kantor kantor milik pemerintah dan dunia usaha.

Pada kesempatan ini saya meminta satu anggota gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Bungo agar segera menyiapkan regulasi berupa Peraturan Bupati sebagai landasan hukum bagi petugas operasi penegakan disiplin protokol kesehatan di lapangan Kepala UPTD, dunia usaha menerapkan kesehatan di lingkungan unit kerja masing-masing dengan memberikan sanksi kepada para staf sesuai dengan ketentuan yang berlaku ketika petugas tidak koperatif dalam menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan ini.

Harus bersikap humanis dan bijaksana sehingga timbul rasa simpati dan kesadaran dari diri warga masyarakat bahwa menerapkan kesehatan akan menyelamatkan dirinya keluarganya,” imbuhnya lagi.

Bupati berharap agar Pemerintah Kabupaten Bungo agar menjadi pelopor yang memberi contoh yang baik kepada masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan baik saat di kantor aktivitas di luar rumah termasuk saat melaksanakan ibadah di lingkungan tempat tinggal masing-masing selanjutnya kepada gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Kabupaten Bungo perlu dilakukan kegiatan patroli sewaktu-waktu untuk membubarkan kerumunan warga masyarakat seperti taman-taman tempat tongkrongan muda-mudi kegiatan balap liar di jalan termasuk juga di Bandara Muara Bungo.

“Saya berharap kepada semuanya ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini untuk menjadi perhatian kita bersama dan dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim penerapan-penerapan pendisiplinan protokol kesehatan di Kabupaten Bungo Kabupaten Bungo secara resmi saya nyatakan dimulai,” tutup Bupati sebagai tanda diakhirinya apel.( Team,red )

Silahkan Komentar Berita nya