Mitigasi Bencana Karhutla, Pertamina RU II Dumai Latih Dan Bantu MPA Tanjung Palas

261

Metro independen – Dumai,PT .Pertamina RU II serius dan tanggap untuk menangani terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi di Kota Dumai khususnya Kelurahan Tanjung Palas.

Pertamina Refinery Unit (RU) II memberikan bantuan berupa perlengkapan alat pemadam kebakaran, alat pelindung diri (APD) dan pelatihan bagi kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) Kelurahan Tanjung Palas pada Senin (25/1) di Taman Zahra, Dumai Motor, Tanjung Palas, Dumai, Riau.

Kegiatan acara penyerahan bantuan dan pelaksanaan pelatihan yang dilangsungkan pada tanggal 25 Januari 2021 itu dikuti oleh 30 orang anggota Kelompok MPA Tanjung Palas.

Dan pertamina ,RU II memberikan pembekalan berupa pelatihan kepada semua Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) khususnya di Manggala Agni Daerah Operasi Kota Dumai.

Pelaksanaan kegiatan ini ,dihadiri Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota dumai, Camat Dumai Timur, Polsek Dumai Timur, Lurah Tanjung Palas, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanjung Palas serta Bintara Pembina Desa (Babinsa) Tanjung Palas dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyatakat (Bhabinkamtibmas) Tanjung Palas.

Materi pelatihan yang diberikan mencakup teori dasar pencegahan, pengendalian hingga teknik dan strategi penangan karhutla. Tidak hanya secara teoritis, pelatihan tersebut juga mencakup simulasi kebakaran agar Kelompok MPA Kelurahan Tanjung Palas dapat memiliki kerja sama tim yang baik pada saat mengatasi bencana Karhutla.

Unit Manager Communication, Relation & CSR RU II, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan bahwa ini merupakan bentuk komitmen Pertamina RU II Dumai dalam mendukung upaya pemerintah dalam menangani dampak bencana karhutla serta merupakan kegiatan lanjutan dari program sebelumnya.

“Sebelumnya kami telah memberikan bantuan berupa embung di titik-titik yang merupakan daerah rawan bencana karhutla di Kelurahan Tanjung Palas, dengan harapan dapat meminimalisir dampak bencana yang hampir terjadi setiap tahun.”kata Brasto.

Camat Dumai Timur, Zulfahren mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pertamina RU II Dumai yang sudah terus berkomitmen untuk peduli terhadap masyarakat Kelurahan Tanjung Palas khusunya dalam masalah karhutla yang dimana setiap tahun terjadi. Selain itu, ia menambahkan bahwa selama ini kendala yang dialami dalam memadamkan Karhutla adalah mesin pemadam.

“Sumber air sudah ada, tapi kami hanya memiliki dua mesin. Itu pun sudah tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Dengan bantuan 8 unit mesin pemadam dan Pertamina RU II Dumai, kami berharap proses pemadaman dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.” tutup Zulfahren.

Sementara itu, Kasi Pencegahan Bencana BPBD Kota Dumai, Amrizal menambahkan di Kelurahan Tanjung Palas termasuk wilayah dengan insiden karhutla yang tinggi.

“Berdasarkan catatan karhutla, Kelurahan Tanjung Palas kerap terjadi kebakaran, syukurnya dengan adanya MPA yang cepat tanggap maka persebaran api cepat ditangani. Dengan adanya bantuan yang diberikan harapannya MPA dapat lebih sukses lagi,” ujarnya.

Karhutla merupakan satu dari sekian bencana yang ada di Kota Dumai. Kedepannya, Brasto berharap Pertamina RU II Dumai dapat memberikan sumbangsih yang lebih besar bagi penanganan bencana alam dan peningkatan kualitas hidup masyarakat sekitar.( )
——————————-

Media Contact
Brasto Galih Nugroho
Unit Manager Communication, Relation, & CSR RU II Dumai
Email: brasto.nugroho@pertamina.com ( Red,01 )

Silahkan Komentar Berita nya