Pertamina RU II,Eratkan Kordinasi Dan Sosialisai Dengan Forkopimda kota Dumai Dalam Penanggulangan Keadaan Darurat.

65

Metro independen – Dumai,Guna meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar instansi serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Dumai terutama dalam penanggulangan keadaan darurat, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai melaksanakan sosialisasi penanggulangan keadaan darurat, pada Jumat (10/09) di Gedung Diklat Pertamina.

Selain Manager Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) Unit Dumai dan jajaran Section Head, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal), Polres, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Kecamatan Dumai Timur.

Dalam sambutannya, Oky menyampaikan bahwa sebagai salah satu perusahaan yang beroperasi di Kota Dumai, pihaknya berkewajiban untuk menyampaikan prosedur penanggulangan keadaan darurat yang mungkin terjadi di kilang PT KPI Unit Dumai.

“Sosialisasi ini dimaksudkan untuk menyampaikan upaya yang akan dilakukan Pertamina jika terjadi keadaan darurat di area kerja kami, yang pada titik tertentu membutuhkan _support_ dari instansi maupun Forkopimda agar dampaknya tidak semakin meluas,” ujar Oky.

Sebagai salah satu Objek Vital Nasional (Obvitnas) yang usahanya tergolong _high risk_, Pertamina tentunya memiliki prosedur penanganan darurat yang ketat. Namun masukan dari berbagai macam pihak tetap diperlukan untuk peningkatan kehandalan prosedur tersebut.

Pada kesempatan ini, disampaikan beberapa pemaparan terkait aspek HSSE yang ada di Pertamina Unit Dumai, diantaranya Penanggulangan Keadaan Darurat Aspek Bahaya Besar, Penanggulangan Kebakaran dan Tumpahan Minyak di Perairan, hingga Medical Emergency Response Plan (MERP).

Tentunya, lanjut Oki, kami berharap keadaan darurat khususnya di area kerja PT KPI Unit Dumai tidak terjadi. “Namun jika keadaan tersebut terjadi, kita semua lebih siap baik dari segi prosedur, koordinasi, kehandalan peralatan hingga Sumber Daya Manusia (SDM),” tutup Oki.

Selain kegiatan sosialisasi ini, Pertamina juga secara berkala melakukan simulasi keadaan darurat untuk meningkatkan kesigapan dalam penanggulangan. Pertamina juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait aspek _Health, Safety_ maupun _Security_.

Media Contact
Imam Rismanto
Area Manager Communication, Relations & CSR RU Wilayah Dumai ( Tim.RU.II.pertamina)

Silahkan Komentar Berita nya