oleh

PT.KPI Gandeng Mubaligh Kota Dumai Dan Basma, selenggarakan Pelatihan Menajement Masjid.

Metro independen – Sebagai bentuk kolaborasi dengan semua stakeholder dari berbagai kalangan, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai dan Baituzzakah Pertamina Refinery Unit II (Bazma RU II) menggelar Pelatihan Manajemen Masjid dan Pemahaman Aliran Sesat, Sabtu (18/12) di Hotel Grand Zuri Dumai.

Kegiatan dengan tema “Bersama Bazma Menjadikan Masjid Yang Melayani dan Membina Umat” ini diikuti setidaknya oleh 120 orang yang terdiri dari 65 orang pengurus masjid, tokoh agama dan masyarakat. Sedangkan 55 orang lainnya merupakan mubaligh yang tergabung dalam Program Tebar Da’i Masjid Bina Kampung Bazma yang berada di Kecamatan Sei Sembilan dan Kota Dumai.

Hadir pada kesempatan tersebut Walikota Dumai yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan SDM, Ir. Zulkarnain, Perwakilan dari Kementerian Agama, M. Yunus, serta perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Dumai, Kantor Urusan Agama Kecamatan Sei Sembilan, dan sejumlah organisasi masyarakat lainnya. Bertindak sebagai narasumber adalah Dr. Zulukromi, Lc, MA, Prof. Dr. Alaidin Koto, MA, dan Dr. Fakhri, MA.

Pada sambutannya, General Manager PT KPI Unit Dumai, Permono Avianto, menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi oleh para mubaligh di era globalisasi saat ini semakin besar dan kompleks. “Oleh karena itu dirasa perlu untuk terus menambah wawasan karena peran besar mubaligh sebagai pengawal akhlak bangsa dan _agent of change_ dalam mengarahkan pandangan keislaman masyarakat,” ujarnya.

Ir. Zulkarnain yang hadir mewakili Walikota Dumai sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa peran mubaligh sangat penting dalam siar agama. “Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberi bekal kepada para peserta serta menambah ilmu pengetahuan dalam meningkatkan wawasan yang dapat diimplementasikan di masjid wilayah para peserta,” ujarnya.

Selain Pelatihan Manajemen Masjid dan Pemahaman Aliran Sesat tersebut, PT KPI Unit Dumai dan Bazma RU II juga memberikan bantuan renovasi rumah kepada salah satu warga di Kelurahan Bukit Timah dalam Program Baiti Jannati.

Pada kesempatan yang sama, PT KPI Unit Dumai melalui Persatuan Wanita Patra (PWP) RU II juga menyerahkan santunan bagi 125 anak yatim dan 40 orang lansia yang berdomisili di area Ring I Kilang Unit Dumai.

“PT KPI Unit Dumai melalui Bazma dan PWP RU II akan semaksimal mungkin menelurkan program-program terbaik demi kemajuan masyarakat Kota Dumai dan sekitarnya melalui pendayagunaan dana zakat yang terhimpun,” lanjut Permono.

“Semoga program yang dilaksanakan kali ini dapat berjalan dengan baik dan berdampak baik bagi umat,” tutup Permono.

Media Contact
Nurhidayanto
Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional.

Silahkan Komentar Berita nya