AL HARIS: PERAN PERS BAGI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT

KOTA JAMBI2 Dilihat

Metro independen – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengemukakan, Pemerintah dan masyarakat memerlukan kehadiran pers dalam menyikapi isu isu yang berkembang dan mengontrol membantu klarifikasi setiap isu yang beredar serta ikut mensosialisasikan mengenai layanan publik. Hal ini dikemukakan Al Haris pada acara Peringatan Hari PersNasional  (HPN)  Tingkat  Provinsi  Jambi Tahun 2022 dan Pelepasan Kontingen Jambi ke HPN Tingkat Nasional ke Kendari, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (05/02/2022).

HPN Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022 kali ini mengangkat tema “BersamaPers yang Inovatif Pulihkan Ekonomi Jambi”.

Al Haris mengungkapkan, dalam sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia, pers memiliki kontribusi besar termasuk dalam perjuangan kemerdekaan.Pers telah banyak memproduksi berita dan memberikan informasi untuk berperan dalam mencerdaskan kehidupanbangsa.

“Persmerupakansalahsatupilardalampembangunannasional, yang turutberkontribusidalampembangunan, peranperstidaklahbisadipisahkandarikehidupanberbangsadanbernegarakarenaperslahir, darisebuahbangsa yang besar, makalahirlahsejarahperjuangan pers. Seiringdenganperkembanganzaman, makapersterusmenapakandirinya, mengiringisetiaplangkahpembangunanbangsainijuga di Provinsi Jambi yang terusberkembangdarimasakemasa,” ungkap Al Haris.

Al Harismenuturkan, persjugapenyumbangterbesardalammembangunbangsadirisisi media, banyakisuisunegeriini yang tidakmungkinterselesaikantanpaadanya pers. Padasaat pandemic covid-19 melanda Indonesia termasukProvinsi Jambi, denganadanyapersmasyarakatdengancepatmengetahuiperkembanganpandemiini, jugaterlibatlangsungmembantudalampenangulangannya.

“Perananpersluarbiasasangatterukurdalammembantubangsa, sehinggapemerintahtidakbisaterlepasdaripers, dimanapersselaluhadirpadasetiap event-event apapun.Sayaselalubilang, kalauadapemimpin yang alergisamawartawan, pemimpinitu yang salah, karenawartawanlahnegeriinibisabesar, tokohitubesar, kalaumemangadawartawan yang mengkritisi, sayasangatsetuju, karenabanyak info infopentingkitatahudarirekan media, sewaktudiabertanya,” tutur Al Haris.

“Sayamengharapkanpersterusmemberikankritik, saran, dangagasan yang konstruktifdalamkehidupanbermasyarakatdanbernegara.Jurnalisterbaikbukanlahtanpasalah, tetapimelakukankoreksitanpalelah,” lanjut Al Haris.

Lebihlanjut, Al Harismenyampaikan, saatpandemi, perstetapbekerjadanmenjadigaristerdepandalamsetiappemberitaan.“Sayaucapkanterimakasihsebesar-besarnyakarenamembantupemerintahmengedukasimasyarakatmenerapkanprotokolkesehatandanturutmendorongvaksinasi, sertamembantumasyarakatdalammendapatkaninformasi yang benardantepat,” ujar Al Haris.

KetuaPersatuanWartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi, RidwanAgusmenyampaikanucapanterimakasihkepadaGubernur Jambi Al Haris, yang telahbersediamenyempatkanwaktudanmenyediakantempatuntukpelaksanaan HPN Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jambi.

RidwanAgusjugaberterimakasihkepadaGubernur Jambi yang telahbanyakmembantukontingen PWI Provinsi Jambi untukberangkatmenghadiripuncakperingatan HPN 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara. “SayajugamengucapkanterimakasihkepadaBapakGubernur, awalnya kami hanya 18 orang yang bisaberangkat, tetapiakhirnyabisa 25 orang yang berangkatberkatBapakGubernur,” pungkasRidwanAgus.

AdapunPenerima PWI Jambi Award 2022 berdasarkandenganKeputusantentangPenetapanPenerima PWI Jambi Award 2022,

READ  KOMINFO PROVINSI JAMBI GELAR PENDAMPINGAN TEKNIS SPBE

Nomor: 007/PWI Jambi/2022 adalahsebagaiberikut:

  1. Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.HestiHaris
  2. WakilWalikota Jambi, H. Maulana
  3. KakanwilKemenkumham Jambi, JahariSitepu
  4. MantanKapolda Jambi, BambangSoeparsono
  5. Dirut Bank 9 Jambi, Yunsak El Halcon
  6. Ketua KONI Provinsi Jambi, Budi Seiawan

Padakesempatantersebut, Gubernur Jambi jugasecaralangsungmenyerahkanpenghargaankepadaperusahaanpers yang telahmembantumenyebarkaninformasidanmelakukanpenangananpandemi covid-19 di Provinsi Jambi.( tim.red)