Walikota Dumai Panen Raya Tanaman Padi di Kelurahan Tanjung Penyembal.

DUMAI2 Dilihat

Metro independen – Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS menghadiri agenda Panen Raya yang dilaksanakan bersama Kelompok Tani Tunas Harapan di Jl. Melati, Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan.

“Alhamdulillah pada hari ini saya bersama Kepala Wilayah Bulog Riau dan Kepulauan Riau, unsur Forkopimda Kota Dumai atau yang mewakili, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai, Kecamatan Sungai Sembilan dan Kadin Kota Dumai melakukan panen raya bersama,” ucap H. Paisal, Sabtu (12/02/22)

Pada kesempatan tersebut, H. Paisal menyampaikan dan memberikan apresiasi kepada petani dan kelompok tani di Kelurahan Tanjung Penyembal, Dinas DKPP, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Dumai dan Bulog Dumai yang telah menggelar kegiatan positif ini.

Ia mengungkapkan, panen raya ini merupakan salah satu perwujutan rasa syukur sebagai buah dari apa yang telah ditanam dulu.

Maka dari itu, atas nama Pemerintah Kota Dumai, H. Paisal menyambut gembira dan mengucapkan selamat kepada Kelompok Tani Tunas Harapan yang merayakan panen padi pada hari ini.

“Bersyukur kepada Allah, karena ini merupakan suatu hal yang membanggakan patut kita apresiasi bersama kepada seluruh kelompok tani yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap upaya peningkatan produksi hasil pertanian di Kota Dumai, meskipun dengan berbagai kendala yang ada pada masa tanam,” katanya.

Wali Kota Dumai berharap, upaya tersebut selain mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat juga dapat sebagai sarana untuk peningkatan pendapatan masyarakat.

“Saya juga berharap, kepada OPD terkait serta petugas penyuluh pertanian dapat memberikan inovasi-inovasi baru terkait teknologi pertanian dan juga membimbing, merangkum setiap usulan dan aspirasi masyarakat dan para kelompok tani guna memacu peningkatan produksi, produktifitas dan kualitas produk pertanian yang berdaya saing,” tuturnya.

READ  Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto : Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan(Sertijab) Kapolsek Dumai Kota.

Sebelumnya, Kepala DKPP Kota Dumai, Nurzerwan, SE, M.Si menjelaskan dalam laporannya bahwa terkait pengembangan tanaman padi di Kota Dumai hanya terdapat di dua kecamatan yakni Kecamatan Sungai Sembilan dan Kecamatan Dumai Timur dengan luas penanaman padi pada tahun 2021 seluas 1.197 ha yang terbagi di Kecamatan Sungai Sembilan seluas 1.162 /HA dan Kecamatan Dumai Timur seluas 35 /HA.

“Di Jl. Melati ini telah ditanami padi seluas ±150 Ha dan lebih kurang 20 ha bisa ditanami 2 kali dalam setahun (IP 200) termasuk yang kita panen hari ini, bahkan di daerah ini pula produktifitas tanaman padi terbesar di Kota Dumai yakni mampu mencapai ± 4,9 ton/Ha diatas produktivitas Provinsi Riau,” jelasnya.

Nurzerwan menambahkan bahwa varietas yang ditanam di Kota Dumai diantaranya Mari Sejahterakan Petani (MSP), inpari, padi lokal (ramos, kuku balam), jenis pulut dan varietas lainnya.

Kemudian, pada tahun 2021 yang lalu Kelompok Tani Tunas Harapan ditunjuk sebagai kelompok penangkaran padi seluas 10 ha sumber dana APBD I Propinsi Riau.

“Insyaallah pada tahun ini akan mendapat alokasi padi Dem Area Budidaya Tanaman Sehat (BTS) seluas 50 ha sumber dana pusat yang terbagi di 2 (dua) Kecamatan yakni di Kecamatan Sungai Sembilan seluas 25 ha dan Kecamatan Dumai Timur seluas 25 ha serta Kegiatan Penangkaran seluas 10 ha sumber dana APBD I,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan bahwa produksi padi di Kota Dumai pada tahun 2021 adalah sebesar ± 7.042, 27 Ton Gabah Kering Panen (GKP) atau setara dengan 4.418,32 Ton Beras.

“Ini hanya bisa memenuhi 17,5 % kebutuhan beras masyarakat Kota Dumai, sehingga masih sangat besar peluang pasar untuk di Kota Dumai,” tutupnya. ( Tim.red )