Pemko Dumai Gelar Forum RKPD Tahun 2023, Inilah Hal-hal Yang Dibahas Sebagai Berikut

DUMAI1 Dilihat

Metro independen – Wali Kota Dumai melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Dumai H. Syahrinaldi, S.Sos. M.Si menghadiri Pembukaan Forum Perangkat Daerah dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Dumai Tahun 2023, bertempat di Gedung Sri Bunga Tanjung, Kamis (17/02/22).

Terkait penyusunan RKPD Kota Dumai tahun 2023 membahas tentang beberapa hal penting yaitu, Pengembangan Berbagai Sistem, Sarana Dan Prasarana, Potensi, Sumber Daya Serta Instrumen Pendukung Yang Kondusif Untuk Memperkuat Kota Dumai Sebagal Kota Pelabuhan Dan Industri Yang Unggul Dan Bertumpu Pada Budaya Melayu.

Dalam sambutanya, H. Syahrinaldi, S.Sos. M.Si mengatakan Forum Perangkat Daerah Kota Dumai ini merupakan salah satu instrument yang sangat penting, sebagai alur dalam mekanisme perencanaan pembangunan daerah, dalam penyusunan prioritas anggaran Tahun 2023.

“Hal ini merupakan kewenangan Perangkat Daerah dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsinya berdasarkan kebutuhan, partisipasi dari masyarakat serta sebagai bentuk wadah aspirasi pemangku kepentingan lainya,” ujarnya.

Selanjutnya, beliau menegaskan bahwa hasil yang didapat dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD dikecamatan harus dengan memperhatikan skala prioritas yang kedepanya akan dibahas di Musrenbang RKPD tingkat Kota Dumai.

“Untuk mewujudkan fokus pembangunan dalam RKPD Tahun 2023, sudah sewajarnya kita dituntut untuk mampu membuat perencanaan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat, rasional, tepat sasaran, efisien dan berdampak langsung dalam peningkatan produktivitas serta kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Adapun 5 unsur prioritas Pembangunan Daerah yang akan dilaksanakan sebagai berikut :

1. Pengembangan ekonomi masyarakat sebagai pendukung aktivitas industri dan kepelabuhanan.

2. Pengembangan kualitas sumberdaya manusia yang berbudaya melayu.

3. Peningkatan kualitas infrastruktur untuk peningkatan pelayanan dasar dan penunjang aktivitas ekonomi

READ  Tim Unit Reskrim Polsek Dumai Barat Ciduk Mantan Kariawan PT.Korea Global Indonesia : Diduga Penggelapan Barang Investasi.

4. Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana.

5. Peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Drs. Budhi Hasnul, M.Si dalam laporanya mengatakan bahwa pelaksanaan RKPD Tahun 2023 ini merupakan kegiatan penting yang dilaksanakan untuk mewujudkan pembangunan partisipatif dari hasil Musrenbang di setiap kecamatan di Kota Dumai, yang nantinya sebagai bahan penyempurnaan awal rencana kerja Perangkat Daerah pada Tahun 2023.

“Semoga kedepanya 3 stakeholder penting yaitu Perangkat Daerah terkait, DPRD serta Delegasi Kecamatan mampu memberikan hasil positif dalam melaksanakan perencanaan pembangunan Kota Dumai pada Tahun 2023,” sebutnya.

Turut hadir, Staf Ahli dan Para Asisten, Inspektur, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Bagian Serta Para Camat se-Kota Dumai.( Tim.red )