Kolaborasi Atasi Stunting, Pertamina Dan Pemkot Dumai Resmikan Dapur Sehat.

DUMAI9 Dilihat

Metro independen – Sebagai salah satu solusi dalam rangka pengentasan masalah _Stunting_ yang masih menjadi isu nasional hingga saat ini, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai bersama Pemerintah Kota Dumai meresmikan pendirian Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT), Kamis (24/03) di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Dumai Kota.

Peresmian DASHAT yang diselenggarakan oleh Kampung KB Keberkahan Bersama Kelurahan Laksamana ini dihadiri oleh Officer CSR & SMEPP PT KPI RU II, Bambang Imawan, Ketua IV Tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Dumai, Hj. Jufrida, SE, serta perwakilan dari perangkat Pemerintah Kota Dumai yang terdiri dari BKKBN, BNN, Dinas Kesehatan, hingga RT dan LPMK.

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR RU II, Nurhidayanto, mengatakan bahwa program ini diinisiasi guna menjadi salah satu solusi pengentasan _stunting_ di Kota Dumai yang juga sejalan dengan pedoman pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT KPI RU II Dumai yang mengacu pada _Sustainable Development Goals_ (SDGs).

“Program DASHAT ini sesuai dengan nilai-nilai SDGs poin 2 – _Zero Hunger_, dan poin 3 – _Good Health and Well Being_,” ujarnya.

Melalui program ini, lanjut Nurhidayanto, ibu-ibu diajak untuk berkreasi menciptakan makanan tambahan bagi balita dan batita agar gizi hariannya dapat terpenuhi. Makanan yang dibuat bisa bervariasi memanfaatkan potensi kekayaan alam Kota Dumai.

Selain peresmian program DASHAT, PT KPI RU Dumai juga meresmikan gazebo yang telah selesai proses pembangunannya. Pembangunan gazebo ini dimaksudkan untuk pemusatan kegiatan masyarakat dalam melakukan edukasi dan kampanye anti narkoba.

“Kedua program yang diresmikan ini merupakan pengembangan dari program Kampung Laksamana Bersih dari Narkoba (Kalam Bersinar) yang telah meraih beberapa penghargaan nasional seperti _Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2022 serta _Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2021,” ucap Nurhidayanto.

READ  Pengurus Forum Pemred Media Siber Se-indonesia Dilantik di Hall Dewan Pers

“Semoga dengan kolaborasi Pertamina dan Pemerintah Kota melalui program DASHAT ini, bisa berkontribusi positif terhadap menurunnya angka stunting yang terjadi khususnya di Kota Dumai,’ tutup Nurhidayanto.

Pada kesempatan yang sama, PT KPI RU Dumai juga memberikan bantuan berupa sarana bermain bagi anak di ruang terbuka. Selain itu, turut juga dipamerkan produk UMKM dari kelompok UPPKA Kartika Berlian, pemberian bantuan berupa pakan balita, serta konseling dan pendampingan untuk ibu hamil, calon pengantin, dan pasangan orang tua. Tim)

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional