Program Kampung Minapolitan Pertamina Dumai Raih Penghargaan Tingkat Nasional.

DUMAI13 Dilihat

Metro independen – Melalui program _Corporate Social Responsibility_ pemberdayaan nelayan Kota Dumai bertajuk “Kampung Minapolitan”, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai kembali dianugerahi penghargaan tingkat nasional dalam ajang _Public Relation Indonesia Awards_ (PRIA) 2022, Jumat (26/03).

Pada gelaran yang dilaksanakan di Kota Semarang ini, PT KPI RU Dumai membawa pulang dua piala penghargaan, yaitu sub kategori _“Pra Krisis”_ dengan predikat _”Bronze Winner”_ dan kategori _”CSR CBD”_ untuk program Kampung Minapolitan dengan predikat _”Silver Winner”_.

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Nurhidayanto, yang langsung hadir menerima penghargaan pada gelaran PRIA 2022 mengatakan bahwa kesuksesan program Kampung Minapolitan tidak lepas dari kerja keras seluruh stakeholder dan masyarakat yang terlibat.

“Semangat awal penginisiasian program Kampung Minapolitan ini adalah agar nelayan Kota Dumai mendapatkan penghasilan yang lebih layak. Penghargaan ini harus menjadi lecut bagi kita semua agar tujuan yang kita harapkan bisa tercapai,” ujar Nurhidayanto.

Program Kampung Minapolitan sendiri merupakan program yang dirancang untuk mengatasi beberapa isu permasalahan yang dihadapi nelayan Kota Dumai, diantaranya kesulitan dalam mendapatkan ikan dikarenakan perairan Kota Dumai bukan merupakan _Fishing Ground Area_ serta tingginya potensi bahaya karena merupakan jalur kapal industri.

Beberapa inovasi yang telah dijalankan dalam program ini sejak tahun 2020 antara lain pemberian _fish finder_ dan _solar panel_ dengan tujuan meningkatkan produktifitas nelayan tangkap dan menekan biaya operasional. Selain itu, diajarkan pula kepada nelayan mengenai budidaya perikananan darat terintegrasi dengan aquaponik dan panel surya agar lebih ramah lingkungan.

Dalam sambutannya, _founder_ dan CEO PR Indonesia Group, Asmono Wikan, mengatakan bahwa jumlah entry yang mengikuti PRIA terus meningkat setiap tahunnya. Tahun 2022 ini terkumpul sebanyak 789 entry dari 9 karegori.

READ  PT KPI RU Dumai Laksanakan Pulse Check PBA/PCT Di Area Kilang

“Kehumasan adalah fungsi yang sangat mulia. Kita harus dapat menunjukkan bahwa humas adalah fungsi yang sangat stretegis bagi perusahaan, dan kita menjadi wakil perusahaan dalam menyampaikan seluruh informasi pada stakeholder,” ungkapnya.

Sedangkan Wakil Walikota Semarang, Ir. Hj. Hevearita G. Rahayu, M. Sos, menyampaikan apresiasinya kepada _Public Relation_ seluruh instansi yang berhasil menunjukkan kinerjanya di tengah tantangan Covid-19.

“Penghargaan adalah bonus tetapi yang pasti kinerja pimpinan yang baik wajib disertai dengan humas yang bagus untuk meneruskan hasil kerja pimpinannya kepada masyarakat di tengah tingginya disrupsi informasi di tengah pandemi,” ucapnya.

PRIA merupakan ajang kompetisi PR paling komprehensif di Indonesia. Ajang kompetisi yang telah berlangsung sejak 2016 ini menjadi barometer kinerja komunikasi yang diikuti oleh segenap korporasi, institusi pemerinntahan dan swasta lainnya.

Selain di ajang PRIA 2022, PT KPI RU Dumai baru-baru ini juga berhasil memenangkan pengharaan tingkat nasional, yaitu _Indonesian Sustainable Development Goals Award_ (ISDA) 2021 dan _Indonesia CSR Excellence Award_ (ICEA) 2022.

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional( tim.red)