oleh

Petani Kelapa Sawit Kuamang Kuning Sangat Berpotensi Miliki PKS.

Metro Independen – Bertempat di Gedung KJUB Kuamang kuning SPA , KJUB selaku Koperasi sekunder mengadakan sosialisasi kepada seluruh paguyuban , kelompok tani(Poktan),Gapoktan , seluruh KUD se Kuamang kuning , Para Datuk Rio se Kuamang kuning,BPD dan Tokoh masyarakat Kuamang kuning.rabu 22/6/2022.

Sebagai Nara sumber : Ketua KJUB (SRIONO), ketua APKASINDO Kabupaten.Bungo (SURYANTO), ketua Program PSR Kuamang kuning RUSMEN Amd,dan Perwakilan Camat Pelepat Ilir (RAHMAT)

Dalam pertemuan sosialisasi tersebut , Nara sumber menyampaikan dan menjabarkan tentang potensi petani kelapa sawit Kuamang kuning memiliki Pabrik Kelapa Sawit (PKS) .

Dijelaskan bahwa , adanya SK Direktur Jenderal Perkebunan nomor : 273/kpts/HK.160/9/2020 Tentang Pedoman Teknis Sarana dan Prasarana Perkebunan Kelapa sawit dalam kerangka pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Lebih lanjut Nara sumber menjelaskan bahwa , dengan adanya SK Dirjen Perkebunan nomor 273 ini , sangat dimungkinkan petani kelapa sawit Kuamang kuning memiliki PKS. Dengan dukungan petani kelapa sawit Kuamang kuning yang terdiri dari :
1.PIR TRANS : 9400 Ha
2.KKPA : 9000 Ha
3.SWADAYA : 12.000 Ha
Maka sangat dimungkinkan dan berpotensi syarat sebagaimana yang diminta dalam SK Dirjen Perkebunan nomor 273 tahun 2020.

Petani pemilik lahan ini seluruhnya tergabung dalam paguyuban POKTAN,GAPOKTAN dan KUD SE Kuamang kuning.Dan menjadi persyaratan mutlak , dengan bukti kepemilikan lahan berupa sertifikat dan Surat Keterangan Tanah (SKT).

Dala SK Dirjen nomor 273 , disebutkan penyediaan lahan menjadi persyaratan yang harus dimiliki dalam mendapatkan dana hibah dari pemerintah sebesar 128 M yang akan dipergunakan untuk mendirikan Pabrik Kelapa Sawit di Kuamang kuning dengan kapasitas 30 TON / Jam , dengan luas lahan pendukung minimal 6000 Ha.

Dan dalam forum sosiaisasi ini terjadi interaksi diskusi dan tanya jawab oleh para pihak yang ikut hadir , baik dari Poktan,KUD dan Pemerintahan Desa (Datuk Rio). Adapun hasil dari pertemuan/sosialisasi ini :

Menyetujui dan akan menindak lanjuti sosialisasi lanjutan ke masing masing Desa SE Kuamang kuning , yang terdiri dari 19 Desa.( HBG)

Silahkan Komentar Berita nya