Berdayakan Kelompok Wanita : PT KPI RU Dumai bersama Posyandu Sehati Dan PKK Dumai Timur Buka Stand Pengumpulan Jelantah

DUMAI2 Dilihat

Metro independen – Dalam rangka memberdayakan masyarakat terutama kelompok wanita di Kota Dumai, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai bersama Posyandu Sehati dan Kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Dumai Timur gelar stand pengumpulan Jelantah Sehati, Selasa (14/02).

Jelantah Sehati merupakan bagian dari program Sedekah Jelantah yang telah berjalan sejak September 2022. Melalui program ini, PT KPI RU Dumai mengajak masyarakat untuk tidak membuang minyak jelantah ke sembarang tempat karena akan menimbulkan pencemaran. Sejak program tersebut diluncurkan, minyak jelantah yang telah berhasil dikumpulkan adalah sebanyak 102 kilogram dengan total penjualan mencapai Rp 510.000,-

Ayuniar selaku Ketua Posyandu Sehati mengungkapkan bahwa seluruh hasil penjualan jelantah akan dialokasikan ke dalam program PMT (Pemberian Makanan Tambahan) ibu dan balita di 13 Posyandu yang tersebar di Kelurahan Jaya Mukti dan Tanjung Palas.

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya para kader dan pengunjung posyandu tentang lingkungan dengan tidak membuang limbah jelantah ke sembarang tempat”, lanjutnya.

Pjs. Area Manager Communication, Relations, & CSR RU II Dumai, Taufikurachman, berharap melalui peran perempuan dalam meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan dapat mengurangi limbah rumah tangga khususnya minyak jelantah secara signifikan.

“Semoga program ini dapat terus sustain sehingga menjadi salah satu solusi kebersihan dan keasrian lingkungan,” pungkasnya.

Program Sedekah Jelantah maupun Jelantah Sehati ini merupakan implementasi program TJSL PT KPI RU Dumai yang sejalan dengan penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs) poin 11 – Kota dan Pemukiman Yang Berkelanjutan, 13 – Penanganan Perubahan Iklim, serta 15 – Ekosistem Daratan.( Tim red)

READ  Sekdako Dumai Resmi Mengukuhkan : Forum Masyarakat PELITA BERANTING Komitmen Turunkan Angka Stunting