oleh

Cegah Stunting Sejak Masa Kehamilan: PT KPI RU Dumai Gelar Kelas Gizi Dan Laktasi Ibu Hamil Risiko Tinggi

Metro independen – Sebagai upaya penurunan angka stunting sejak masa kehamilan, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai bersama Kelompok Binaan Posyandu Sehati gelar Kelas Gizi dan Laktasi Ibu Hamil Risiko Tinggi (Restin), bertempat di Aula Kecamatan Dumai Timur, Selasa (14/02).

Pjs. Area Manager Communication, Relations, & CSR RU II Dumai, Taufikurachman, menjelaskan bahwa Kelas Gizi dan Laktasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran ibu hamil, khususnya ibu hamil restin serta kader posyandu akan pentingnya asupan gizi yang baik bagi calon bayi.

“Kegiatan ini juga bertujuan agar mencegah percepatan peningkatan jumlah kasus stunting di Kecamatan Dumai Timur,” jelasnya.

Pada awal Januari lalu, ditemukan 6 kasus stunting dari 11 kasus Balita Bawah Garis Merah (BGM) di Puskesmas Jaya Mukti. Sehingga total kasus stunting menjadi 15 kasus dengan 11 diantaranya berada di bawah garis merah (Gizi Buruk).

Berdasar hal tersebut, Kelompok Posyandu Sehati, yang merupakan kelompik binaan CSR RU Dumai, berinisiasi untuk mengadakan Kelas Gizi dan Laktasi. Kelas Gizi dan Laktasi ini ditujukan untuk Ibu Hamil Restin dan Kader Tim Pendamping Keluarga.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi oleh Ahli Gizi dari Health RU Dumai, Monica Dean, STr, Gz yang menjelaskan terkait gizi yang baik untuk ibu hamil, diet ibu hamil serta mitos dan fakta mengenai gizi ibu hamil. Dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Tim Konselor Menyusui RSUD Dumai, Resky Kartika Sari, SST, MPH yang menjelaskan tentang pentingnya Asi Eksklusif bagi Anak.

“Asi eksklusif sangat penting bagi anak. Kalau tidak ingin endingnya stunting, maka kita harus mengawali gizi anak dengan memberikan sumber gizi yang baik, adanya di diri kita sendiri, ASI,” terang ibu yang akrab disapa Tika ini.

TP PKK Kecamatan Dumai Timur, Irma Sufiana, berharap ilmu yang telah didapat dari kedua narasumber menjadi bekal untuk ibu-ibu peserta Kelas Gizi dan Laktasi Ibu Hamil Resti ini.

“Semoga pengetahuan yang kita dapat bersama-sama ini, dapat dipraktekkan dengan baik. Materi ini sangat bermanfaat dan saya harap dengan giat Kelas Gizi dan Laktasi ini dapat melahirkan generasi sehat dan cerdas,” tutup Irma.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh segenap jajaran TP PKK Kelurahan Tanjung Palas, Jaya Mukti, Bukit Batrem, Teluk Binjai, dan Buluh Kasap ini sejalan dengan tujuan TJSL PT KPI RU Dumai serta penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs) poin 3 yaitu Good Health and Well Being.(tim red)

Silahkan Komentar Berita nya