Menkopolhukam Ingatkan Pejabat Tak Tutup-tutupi Informasi Publik, Jangan Sampai Viral Duluan

HUKUM10 Dilihat

Metro independen – Pekan Baru, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Indonesia, Prof Mahfud MD menghadiri Hari Keterbukaan Informasi Nasional (Hakin), di Hotel Labersa, Kampar, Rabu (17/5/2023).

Dalam pidatonya, Mahfud MD mengingatkan pentingnya kolaborasi antar pemerintah, institusi publik, dan masyarakat sipil soal keterbukaan informasi.

“Semua pihak memiliki peran penting memastikan informasi yang berkaitan dengan kebijakan publik, anggaran negara, dan daerah, aspek kehidupan sosial harus dapat diakses oleh publik dengan mudah,” tegas Mahfud MD di depan para kepala daerah dan tamu undangan yang hadir.

Di era keterbukaan dan kecanggihan teknologi saat ini, kata Mahfud, para pemangku kepentingan tidak bisa main – main lagi untuk berusaha menutup – nutup informasi.

“Sekarang kita tak bisa main – main dengan berusaha menutup – nutupi keterbukaan informasi publik. Kalau kita tertutup, akan dibuka sendiri oleh perkembangan teknologi, informasi tak bisa ditutupi,” cakapnya lagi.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah sedang disibukkan untuk membuka-buka kasus hukum, namun banyak pihak, dalam hal ini, pejabat daerah yang sengaja menutup-nutupi informasi. Tapi di era globalisasi ini tidak bisa lagi, semakin ditutup, nanti tiba – tiba viral, habis (pejabat yang bersangkutan),” tegas Mahfud.

Peringatan Hakin tahun 2023 di Kampar ini mengusung tema “Meneguhkan peran komisi informasi dalam mengawal Pemilu 2024 yang terbuka, inklusif, dan informatif”.(tim red)

READ  BNN Tangkap 3 Pengirim Narkoba di Jambi, Salah Satunya Anggota TNI.