Pertama Kali Digelar, Perwira PT KPI Unit Dumai Raih Penghargaan di Kompetisi Paper Ilmiah IKMS

DUMAI3251 Dilihat

Metro independen – DUMAI,PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai terus menunjukkan komitmennya dalam pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berinovasi. Hal ini terbukti dengan prestasi gemilang yang diraih dalam kompetisi paper ilmiah, Indonesian Knowledge Management Summit (IKMS), yang pertama kali diselenggarakan, pada Kamis-Jumat (7-8/9/2023) lalu, di The Patra Jasa Hotel, Bali.

Agenda ini mengangkat topik “The Future Of Green Energy And Sustainable Development” atau Masa Depan Energi Hijau dan Pembangunan Berkelanjutan, yang dihadiri oleh para akademisi, praktisi, dan pihak non-akademisi, dengan total 97 tim peserta yang berasal dari berbagai perusahaan dan universitas. Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT KPI, Taufik Aditiyawarman.

Area Manager Communication, Relations, dan CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengatakan pihaknya mendelegasikan satu tim yang berasal dari berbagai fungsi, yaitu Dio Cesar Alfananda, Berthon Christopel Marbun, dan Ervandy Haryoprawironoto untuk mewakili Unit Dumai pada ajang tersebut.

“Perwakilan PT KPI Unit Dumai telah berhasil meraih penghargaan Silver dalam kompetisi dengan topik “Computational Fluid Dynamics Of Refinery Process Piping: How Insulation Contributes the Significant Impact in Heat Energy Conservation” (Dinamika Fluida Komputasi Pada Pemipaan Proses Kilang: Bagaimana Insulasi Berkontribusi Secara Signifikan dalam Konservasi Energi Panas),” ungkapnya.

Dia memaparkan penelitian ini mencakup studi komprehensif tentang sistem perpipaan dalam proses kilang minyak yang memberikan dampak positif dalam konservasi energi panas. Minyak yang bersuhu tinggi dihasilkan dari pemanas atau penukar panas biasa dan kemudian dipindahkan ke peralatan lain melalui pipa berinsulasi untuk menjaga suhu tinggi tersebut.

Tim peneliti menggunakan metode elemen hingga dalam perhitungan termal dengan dinamika fluida komputasi untuk mensimulasikan kehilangan energi panas akibat kerusakan material insulasi. Hasil perhitungan teoritis digunakan untuk menentukan ketebalan insulasi pipa yang optimal guna mempertahankan suhu fluida panas.

READ  Unit Res Polsek Sungai Sembilan Berhasil Mengungkap Dua Orang Tersangka Pelaku Tindak Pidana Pecurian

Melalui analisis dinamika fluida komputasi, tim berhasil menunjukkan bahwa terdapat penurunan temperatur yang signifikan jika material insulasi mengalami kerusakan. Penurunan temperatur seperti ini akan memerlukan peningkatan fire heater duty, yang berarti biaya tambahan yang harus dikeluarkan perusahaan untuk menjaga suhu yang dibutuhkan dalam setiap proses kilang minyak.

Pentingnya menjaga konservasi energi panas dalam sistem perpipaan proses kilang membuat peran insulasi pipa sangat penting. Kerusakan pada insulasi seperti spalling dan penurunan kemampuan isolasi dapat mengakibatkan kehilangan energi panas yang signifikan dan peningkatan biaya operasional.

“Dengan pencapaian ini, PT KPI Unit Dumai terus menunjukkan komitmen dalam meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan operasional kilang minyak. Semangat berinovasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam upaya mewujudkan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” pungkasnya.

Pada penyelenggaran 1st Indonesia Knowledge Management Summit tahun ini, terdapat 10 orang juri yang melakukan penilaian yang berasal dari kementrian dan praktisi termasuk akademisi berbagai institusi perguruan tinggi. IKMS yang pertama kali diadakan ini menjadi momentum yang sangat penting bagi tumbuhnya sinergi berbagai pengetahuan dan inovasi antara dunia usaha, dunia pendidikan dan masyarakat.(Tim red)