Ciptakan Value Creation Setara Rp 237 M, Gugus CIP PT KPI Unit Dumai Mendulang Prestasi Di Ajang Grand Forum Inovasi Mutu 2023

DUMAI2436 Dilihat

Metro independen – DUMAI,Dengan semangat mewujudkan transformasi serta inovasi berkelanjutan dari seluruh pekerja di perusahaan, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai menyelenggarakan Grand Forum Inovasi Mutu 2023 di Hotel Borobudur Jakarta, Sabtu (25/11/2023) hingga Rabu (29/11/2023).

Ajang penghargaan yang mengusung tema “Advancing The Way Of Work Through Sustainable Innovation” ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, antara lain sesi wawancara pada 25 dan 26 November, dilanjutkan dengan sesi presentasi pada 27 dan 28 November, dan ditutup dengan awarding pada 29 November 2023.

Dari 75 gugus Continuous Improvement Program (CIP) terdaftar, yang berasal dari unit operasi lain dibawah naungan PT KPI, sebanyak 18 gugus yang terdiri dari 122 pekerja menjadi perwakilan PT KPI Unit Dumai dalam ajang tersebut. Hal ini menjadikan PT KPI Unit Dumai merupakan unit operasi yang terbanyak dalam mengirimkan perwakilannya.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengatakan bahwa 18 gugus CIP yang mewakili PT KPI Unit Dumai dibagi ke dalam 4 kategori, yaitu Project Collaboration Improvement (PC-Prove), Functional Team Improvement (FT-Prove), Individual Improvement (I-Prove), dan Replication Team Improvement (RT-Prove) yang merupakan gugus terbaik yang sudah mendapatkan prestasi di ajang Grand Final CIP sebelumnya.

“Dari 18 gugus perwakilan, PT KPI Unit Dumai berhasil meraih prestasi dengan memboyong 2 penghargaan di kategori Platinum, 15 penghargaan kategori Gold, dan 1 penghargaan kategori Silver,” ungkapnya.

Adapun gugus yang meraih kategori Platinum adalah PC-Prove G-Spring 2.0 dan RT-Prove Rocker 3.0. Gugus peraih kategori Gold antara lain PC-Prove All For One, PC-Prove Marksman, PC-Prove Indah 3.0, PC-Prove Allien, PC-Prove Alma, PC-Prove Best, PC-Prove Special Stopper, PC-Prove Mono, PC-Prove Ado, I-Prove D-Breather, I-Prove D’Extract, I-Prove Fapaf, FT-Prove Madcom, FT-Prove Tilang, RT-Prove Nusantara. Sedangkan gugus peraih kategori Silver yaitu PC-Prove Reborn.

READ  Kapolda Riau Lepas Secara Tradisi 62 Personel Yang Masuk Purna Bhakti

PT KPI Unit Dumai juga dianugerahi special award THE MOST PRODUCTIVE CIP 2023 yang diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT KPI, Taufik Aditiyawarman, kepada Section Head Quality Management PT KPI Unit Dumai, Deni Satria. Special award ini didasarkan pada produktifitas PT KPI Unit Dumai dalam menyelesaikan risalah CIP selama 3 tahun berturut-turut.

Inovasi yang dikembangkan Perwira PT KPI Unit Dumai tersebut menjadi lebih spesial karena berhasil menciptakan Value Creation setara dengan Rp 237 Miliar.

General Manager PT KPI Unit Dumai, Didik Subagyo, mengungkapkan rasa bangganya kepada semua perwakilan karena telah berhasil meraih prestasi gemilang di ajang Grand Forum Inovasi Mutu tersebut. Dia berharap prestasi ini terus berlanjut ke ajang selanjutnya seperti Annual Pertamina Quality Award (APQA) di tahun 2024 nanti, maupun ajang nasional dan internasional lainnya.

“Semoga prestasi ini dapat memacu Perwira PT KPI Unit Dumai untuk terus berinovasi, karena dengan semangat inovasi berkelanjutan dapat membawa perusahaan ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Sebelum mengikuti ajang Grand Forum Inovasi Mutu 2023 ini, PT KPI Unit Dumai telah melakukan sejumlah persiapan dan pelatihan agar setiap gugus siap dengan inovasinya serta mendapatkan pendampingan dari mentor yang kompeten. Risalah yang diangkat dinilai mulai dari penulisan hingga teknisnya, meliputi metode siklus Plan, Do, Check, Action (PDCA) dan sesuai aspek Panca Mutu yang meliputi Quality, Cost, Delivery, Safety dan Morale.

Deni Satria mengungkapkan rasa syukurnya atas support yang diberikan oleh tim manajemen, juri, pekerja, dan semua pihak yang telah terlibat dari awal proses, dan berharap prestasi yang diraih dapat dipertahankan hingga ditingkatkan di tahun yang akan datang.(tim red)