Beredar Jadwal Terbaru SKB CPNS 2019 Digelar Mulai 10 Agustus 2020, Ini Penjelasan Resmi dari BKN

1631
ILUSTRASI

Metro independen -Beredar jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB CPNS 2019 yang sempat tertunda akibat pandemi covid-19.

Dari surat yang beredar, SKB CPNS 2019 dijadwalkan akan mulai dilaksanakan pada 10 Agustus hingga 19 September 2020.Sementara pengumuman hasil akhir seleksi CPNS 2019 akan disampaikan pada 30 September 2020.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun memberikan klarifikasi terkait jadwal pelaksanaan SKB CPNS 2019.”#SobatBKN, Pemerintah hingga saat ini belum memutuskan jadwal pelaksanaan SKB pada seleksi CPNS Formasi Tahun 2019. Pemerintah kini sdg mengkalkulasi metode yg tepat dlm pelaksanaan SKB termasuk dlm situasi new normal,”tulis admin BKN di akun official BKN

Dalam rilis yang dibagikan pada 19 Mei 2020 lalu, disampaikan bahwa SKB CPNS 2019 rencananya akan digelar pada Agustus – September mendatang.

SKB CPNS digelar tepatnya setelah pelaksanaan SKD pada penerimaan Sekolah Kedinasan (DIKDIN) 2020.

Untuk diketahui, menurut jadwal yang telah dirilis beberapa waktu lalu, SKD DIKDIN akan diselenggarakan pada Juli 2020.

“Jika SKD Dikdin 2020 terlaksana sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada Juli 2020, maka jadwal SKB CPNS Formasi Tahun 2019 diperkirakan dapat berlangsung pada Agustus – September 2020.” kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Panselnas.

Lebih lanjut, Bima menuturkan bahwa keputusan tersebut nantinya akan menyesuaikan dengan kondisi pandemi di Indonesia.

Oleh karenanya tekait dengan penyelenggaraan seleksi tersebut pihak Panselnas mempertimbangkan rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19.

“Namun perlu ditekankan bahwa realisasi jadwal yang disusun Panselnas ini bergantung pada penetapan status kedaruratan Covid-19.

Untuk itu, selain menunggu persetujuan Presiden terhadap jadwal yang ditetapkan tersebut, Panselnas juga mempertimbangkan rekomendasi dari Gugus Tugas Pandemi soal status darurat covid-19,” terang Bima.

Di samping itu, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen memaparkan saat ini BKN terus melakukan uji coba sistem Computer Assisted Test (CAT) secara daring sebagai antisipasi pelaksanaan SKD Dikdin maupun SKB CPNS.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan pemutakhiran sistem dan teknologi untuk pelaksanaan seleksi secara massal di tengah pandemi covid-19 ini.

“Dari sisi pelaksanaan secara teknis, kami sudah mencoba antisipasi metode tes pelaksanaan SKB CPNS 2019 dan SKD Dikdin 2020.” ujar Suharmen.

“Salah satu yang sudah dilakukan uji coba adalah pelaksanaan ujian CAT pada seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kementerian Agama dengan menggunakan metode CAT Online pada 12 Mei 2020 lalu.” imbuhnya.

Nasib SKB CPNS bila akhirnya tetap tak bisa digelar pada Agustus – September 2020 mendatang ditanyakan warga melalui akun Twitter resmi BKN @BKNgoid pada 5 Juni 2020.

Menanggapi hal ini, BKN mengimbau agar pihak yang menanti kabar seputar SKB CPNS tetap bersabar.
Para pemangku kebijakan, kata BKN, tentunya sudah memikirkan apa saja langkah yang bisa diambil untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa terjadi.

Melalui akun Twitter resminya @BKBgoid BKN menginformasikan bahwa opsi-opsi pelaksanaan SKB CPNS di tengah pandemi covid-19 terus dikaji dan diuji coba, salah satunya bila akhirnya digelar CAT online.

Pertanyaan ini disampaikan BKN untuk menanggapi salah satu warnaget yang mempertanyakan adanya kabar beredar yang menyebutkan SKB CPNS akan digelar dengan CAT online.

Terkait kabar ini, warganet tersebut mempertanyakan gambaran atau teknis pelaksanaan SKB CPNS bila akhirnya digelar dengan CAT online.

BKN menyampaikan bahwa metode CAT online ini masih terus diuji coba.

CAT secara online menurut BKN sudah pernah digunakan saat seleksi JPT Pratama di Kementerian Agama (Kemenag) bulan lalu.

“Metode ini msh terus diuji coba, pertama kali digunakan saat seleksi JPT Kemenag bulan lalu.

Mengingat SKB melibatkan lebih banyak peserta, pertimbangannya harus lbh matang, apalagi di masa pandemi saat ini.
Begitu,” kata BKN.

memberikan kabar baik seputar peserta SKB CPNS yang telah berusia lebih dari 35 tahun gara-gara pelaksanaan SKB CPNS ditunda.

Dijelaskan BKN, peserta SKB CPNS tersebut tak perlu khawatir dan tetap akan menjadi peserta SKB CPNS.( Team ,red )

Silahkan Komentar Berita nya