Tertipu….Janji Berikan 14.000 Suara Melalui PKH, Mantan Komisioner KPU Bungo Resmi Ditahan Polres Bungo.

65

Janjikan 14.000 Suara dari PKH, Mantan Komisioner KPU Bungo Resmi Ditahan

Metro independen,– Mantan Komisioner KPU Kabupaten Bungo Musfal (52) bersama rekannya Suhermanto berjanji memberikan 14.000 suara kepada Ir.Ali untuk caleg DPRD di Provinsi Jambi, ternyata janji tersebut bohong ,kini oknum kedua orang tersebut terpaksa mendekam di penjara.

Dugaan penipuan suara pada salah satu calon legislatif (Caleg) untuk DPRD provinsi Jambi dari Partai Gerindra pada tahun 2019 lalu bernama Ir.Ali. Penahanan kepada Muafal bersama Suhermanto resmi disampaikan oleh pihak Polres Bungo pada Prease Rilis Selasa (28/07/2020).

Waka Polres Bungo Kompol Yudha Pranata, menjelaskan kepada awak media. Bahawa Musfal bersama rekannya menjanjikan kepada pihak korban bisa mencarikan 14.000 suara dari Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk itu, Musfal meminta sejumlah uang kepada Ali, dengan alasan untuk biaya operasional tim secara bertahap.

Lebih lanjut Yudha menyampaikan dari hasil pemeriksaan selama ini, pada awal tahap pertama, Ali menyerahkan uang kepada Musfal Rp. 30 juta pada bulan Desember tahun 2018 yang lalu . Kemudian pada tahap kedua, Ali menyerahkan uang lagi sejumlah 50 juta kepada Suhermanto tepatnya pada bulan Januari tahun 2019.lalu.

Selanjutnya ditahap yang ke- tiga, Ali menyerahkan uang Rp.20 juta lagi kepada Suhermanto pada tanggal,12 Februari 2019. Kemudian ditahap yang ke – empat, kembali lagi Ali menyerahkan uang Rp.100 juta kepada Suhermanto, lalu Suhermanto langsung menyerahkan kepada Musfal pada tanggal 11 Maret 2019.

Lanjut pada tahap yang kelima, Ali menyerahkan uang lagi Rp. 100 juta kepada Suhermanto, lalu Suhermanto menyerhakan lagi lepada Musfal. Selanjutnya ditahap ke enam, Ali menyerahkan uang Rp. 7.000.000.- ( tujuh juta rupiah ) kepada Suhermanto, hingga tahap ke tujuh dengan pembelian kain hijab senilai 5 juta.

Tidak sampai disitu, dilanjutkan lagi secara berturut turut pada tahap ke – delapan, Ali kembali menyerahkan uang sebanyak 332 juta kepada Suhermanto pada tanggal 12 Maret 2019.yang lalu.

Dikatakan Yudha, alasan Suhermanto, uang tersebut digunakan untuk operasional tim, berupa penginapan Hotel di Jambi, akomodasi dalam rangka pertemuan KPU Bungo, Tebo dan KPU Provinsi Jambi, pembahasan acara untuk memenangkan Ali sebagai Caleg DPRD Provinsi Jambi.

“Dari pemeriksaan awalnya, Musfal mengakui menerima 180 juta, dengan alasan uang tersebut diterima dalam rangka bisnis. Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, tersangka mengakui bahwa uang yang terimanya itu akan digunakan untuk memenangkan Ali pada pemilihan Legislatif DPRD Provinsi Jambi. Namun, alhasil suara yang dijanjikan oleh Musfal dan Suhermanto sebanyak 14.000 suara itu tidak tekabul. Sehingga Ali kalah dalam pemilihan DPRD Provinsi Jambi”, beber Yudha.

Musfal dan Suhermanto telah resmi ditahan, pasal penipuan 378 KUHPidana Jo Pasal 55 (1) ke1-e dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. ( Team,red )

Silahkan Komentar Berita nya