Bupati Dan Wakil Bupati Bungo Lantik 4 Rio Dan Gelar Pengukuhan Adat Dikecamatan Pelepat.

86

Metro independen – bupati dan wakil bupati bugo Lantik 4 Datuk Rio serta gelar Pengukuhan adat dan dihadiri seluruh masyarakat dan tokoh masyarakat dari 4 dusun sekecamatan Pelepat.
Acara tersebut dilaksanakan di Kantor Camat Pelepat, Kabupaten Bungo, Selasa (04/08).

Dalam acara pelantikan tersebut turut hadir Sekda Bungo, Ketua DPRD Bungo,Ketua TP PKK Bungo, Ketua GOW, ketua DWP, Wakil Ketua DPRD Bungo, Anggota DPRD Bungo, Kapolsek Pelepat, Babinsa, Para Datuk dan Datin Rio, ketua BPD beserta anggota, ketua LAM kecamatan Pelepat, serta tamu undangan yang lainnya.

Sebelum Datuk Rio dikukuhkan, terlebih dahulu sambutan Camat Pelepat Habasri,SE, dirinya mengatakan, dalam pelaksanaan pengukuhan 4 Rio gelar adat, yakni Rio Dusun Pelepat, Rio Dusun Rantel, Rio Dusun Sekampil,dan Rio Dusun Bukit Telago bersumber dari dana APBDus tahun 2020.

“Kami menyampaikan ribuan terimakasih kepada Bapak Bupati Bungo beserta rombongan bersedia untuk meluangkan waktu hadir dalam pengukuhan 4 Datuk Rio Kecamatan Pelepat walaupun dalam keadaan Hujan,”Ujar Habasri,SE.

Terima kasih pula kami ucapkan kepada seluruh panitia atas pelaksanaan acara pengukuhan gelar adat, dan masyarakat kepada umumnya yang sempat untuk menyukseskan acara ini,”Ucap Habasri,SE.

Sementara itu Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME mengatakan,siang hari ini kita sama-sama hadir di Kantor Camat Pelepat ini, dalam rangka pengukuhan gelar adat kepada 4 Rio hasil pemilihan pilrio serentak tahun 2020.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bungo, kami menyampaikan ucapan selamat atas di kukuhkan Datuk Rio, mudah-mudahan pengukuhan ini memberikan spirit semangat yang baru kepada Datuk Rio dengan seluruh masyarakatnya untuk membangun Dusun masing-masing,”Ujar Bupati.

Inilah kelebihan kita di Kabupaten Bungo, ini kearifan lokal yang kita miliki Datuk Rio selain kepala pemerintah di Desa Datuk Rio juga sebagai pemangku adat di Dusun.

Bupati berharap” Adat-adat kita, budaya kita menjadi kearifan lokal di masing-masing desa, tentu bisa kita terapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”Kata Bupati.

Adapun 4 Rio yang di beri adat diantaranya

1.Soleh Rio Bukit Telago di beri gelar adat Datuk Rio mangku Suko di Rajo.
2.Fauzan,S.Pdi Rio Sekampil di beri gelar adat Datuk Rio mangku Rajo tuo.
3. Kholid, Rio Dusun Baru Pelepat di beri gelar adat Datuk Rio Mangku Murti
4.H.Badrul Aini, Rio Dusun Rantel di beri gelar adat Rio Datuk Rio Malayo.( Team,red )

Silahkan Komentar Berita nya