Kadis Dikbud Dukung SRB Jambi 2020 Asal Kab. Tebo Sosialisasikan Portal Rumah Belajar

Metro independen – Sebagai platform belajar resmi milik pemerintah yang hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 tentunya keberadaan Rumah Belajar harus diinformasikan kepada seluruh guru dan siswa di seluruh Indonesia dan bahkan sekolah Indonesia yang ada di luar negeri. Hal ini karena Portal Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh semua guru mulai dari PAUD, SD, SMP sampai SMA/SMK sederajat untuk mendukung proses mengajar yang lebih interaktif di kelas.

Rumah Belajar juga menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Dengan menggunakan Rumah Belajar kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja.

Yang lebih utama lagi adalah seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Namun sayang belum semua guru dan siswa mengenal apa itu Portal Rumah Belajar.

Sahabat Rumah Belajar atau yang lebih dikenal dengan SRB adalah sebutan untuk guru-guru yang mengikuti kegiatan pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) dan sudah mencapai Level 4 (Berbagi).

Salah satu tugas para SRB adalah berbagi dan mensosialisasikan kepada sesama guru, siswa, orang tua serta stake holder tentang apa itu Rumah Belajar supaya portal belajar ini lebih dikenal olah seluruh lapisan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Untuk melaksanakan tugas tersebut tentunya para SRB harus berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu Dinas Pendidikan kabupaten ataupun provinsi agar kegiatan sosialisasi tersebut mendapat dukungan dari atas.

Berkaitan dengan hal tersebut tiga SRB Jambi tahun 2020 yang berasal dari Kabupaten Tebo, yaitu Faryanti, S.Pd. dari SMAN 10 Tebo, Agung Nugroho, S.Pd. dari SMPN 27 Kabupaaten Tebo dan Yuli Mediyawati, S.Pd.dari SMAN 12 Tebo pada hari Selasa tanggal 29 September 2020 mendatangi kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo untuk berjumpa dengan Bapak Sindi SH., MH. selaku kepala dinas guna memohon izin serta dukungan dari kepala dinas pendidikan kabupaten Tebo ,sindi.S.H.MH.

Ternyata usaha untuk berjumpa dengan beliau bukanlah hal yang mudah. Penulis tiba di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tebo yang berlokasi di Kompleks Perkantoran Bumi Seentak Galah Serengkuh Dayung Kabupaten Tebo sekitar pukul 10.00 WIB dan sempat berjumpa dan menyapa Bapak Kepala Dinas yang saat itu sedang bersiap untuk menghadiri kegiatan rapat anggaran bersamaan Bapak Bupati Tebo.

Namun beliau berjanji setelah selesai rapat akan kembali ke kantor dan kami diminta untuk menunggu.

Penulis menunggu sambil berbincang-bincang dengan dua rekan sesama SRB yang memang baru pertama kali berjumpa secara langsung serta mempersiapkan surat surat yang kami butuhkan untuk mendapatkan izin kegiatan sosialisasi ini,Kami dilayani dengan baik oleh staf bagian informasi yang bertugas.

Setelah cukup lama menunggu akhirnya yang dinanti pun tiba. Rasanya bahagia sekali melihat kendaraan dinas Bapak Kepala Dinas tiba di kantor sekitar pukul 15.00 WIB dan dengan senyum ramahnya beliau turun dari kendaraan serta memasuki kantor. Setelah berkoordinasi dengan sekretaris pribadi kepala dinas akhirnya kami pun dipersilahkan masuk ke ruangan kerja beliau. Sambil memeriksa dan menandatangani berkas berkas yang terlihat cukup banyak dihadapannya dengan ramah beliau mepersilahkan kami duduk dan menanyakan maksud kedatangan kami serta apa yang bisa beliau bantu.

Kami memperkenalkan diri dan menyampaikan tujuan kedatangan kami. Alhamdulillah setelah mendengar pemaparan kami beliau menyambut dengan baik serta sangat mendukung sepenuhnya kegiatan yang akan kami laksanakan. Beliau berharap kami dapat melaksanakan tugas kami dengan baik. Beliaupun pun memberikan apresiasi kepada kami sebagai sahabat rumah belajar Jambi tahun ini yang berasal dari Kabupaten Tebo karena menurut beliau tidak banyak guru yang bersedia dan tetap konsisten untuk mengikuti kegiatan kompetisi seperti ini.

Bagi kami mendapatkan izin dan dukungan dari orang nomor satu dibidang pendidikan di Kabupaten Tebo ini merupakan salah satu modal besar dan pendorong semangat kami agar dapat dengan percaya diri mengunjungi sekolah-sekolah di lingkungan Kabupaten Tebo guna mensosialisasikan tentang Portal Rumah Belajar.

Setelah mendapat izin dan dukungan serta cukup berbincang-bincang akhirnya kami pun berpamitan setelah sebelumnya sempat mendokumentasikan pertemuan kami. Rasanya bahagia sekali apa yang kami lakukan hari ini berbuah manis.

Perjuangan kami untuk mendapatkan izin kegiatan sosialisasi Rumah Belajar dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tebo tidak sia-sia. Akhirnya keesokan harinya salah seorang staf menghubungi dan mengabarkan bahwa surat izin sudah terbit dan bisa diambil. Alhamdulillah…..rasanya lega sekali. Langkah pertama sudah dilalui dan kami bersiap untuk langkah berikutnya. Mengunjungi sekolah-sekolah daaan mensosialisasikan Rumah Belajar kepada rekan-rekan sesama guru dan teman sejawat agar keberadaan Rumah Belajar bisa dikenal oleh semua guru sehingga semua bisa merasakan manfaat belajar bersama Rumah Belajar.

Kami haturkan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada Bapak Sindi, SH., MH. atas apresiasi dan supportnya. Salam Santun, Salam Rumah Belajar.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.( Team,red )

Silahkan Komentar Berita nya

News Feed