Pemda Tebo Resmikan Program Pemberdayaan SAD.

231

Metro independen – Pemda Tebo melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Amsiridin, SP. meresmikan Program Permberdayaan Orang Rimba (Suku Anak Dalam) dalam kawasan WCA (Wildlife Conservation Area) PT. Lestari Asri Jaya di Desa Semambu Kecamatan Sumay pada Kamis, 24 April 2021.

Pihak PT. LAJ melaporkan bahwa Program Pemberdayaan ini adalah hasil dari beberapa kegiatan perusahaan dalam mendukung penghidupan Orang Rimba.

Beberapa program tersebut diantaranya :

1. Pelayanan Kesehatan Rutin Tiap Bulan, bekerja sama dengan Puskesmas Suo-Suo. Sampai Saat ini sudah 6 Orang Suku Anak Dalam yang pernah dirujuk ke RSUD Sultan Thaha Saifuddin Tebo.
2. Program Pendidikan untuk anak-anak Suku Anak Dalam yang diajarkan belajar baca/tulis.
3. Pengembangan Mata Pencarian berupa pembibitan tanaman oleh orang rimba seperti bibit durian, jernang, kelukup, Kabau, dll.Serta pemberdayaan perempuan dengan membuat kerajinan tikar.

Saat ini terdapat 153 jiwa Orang Rimba yang terdiri dari 38 KK dalam kawasan WCA PT. Lestari Asri Jaya namun sebagian besar belum memiliki KTP. Amsiridin berharap agar secepatnya didata jumlah penduduk yang belum dan sudah memiliki KTP melalui kepala desa.Ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses administrasi dalam pemerintahan.

Turut menghadiri Kadis Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Erlynda, S.Sos. Kepala Kantor Kesbangpol, Sugiyarto, SP. Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Ketahanan Pangan diwakili oleh Nanang Suyanto, S.ST dan Dinas Perkebunan Peternakan dan Perikanan,Eko Purnarianto, S.Pi.M.E.

PT. LAJ memberikan bantuan kepada ke-3 Tumenggung (Tumenggung Bujang Kabut, Tumenggung Hasan dan Tumenggung Buyung) berupa Dukungan Peralatan Mitigasi Konflik Gajah & Manusia, Pembangunan Balai Pusat Pelayanan Orang Rimba dan Dukungan Bibit, Pupuk dan Peralatan Pertanian dengan Sistem Pengelolaan Lahan Tanpa Bakar ( Tim.red ).

Silahkan Komentar Berita nya