Pemkot Dumai Sambut Kunker Prof .Rokhimin Daruri,Dirjen Perikanan Budidaya.

Metro independen – Pemerintah Kota Dumai menyambut kunjungan kerja Prof. Rokhimin Daruri, Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr. Ir. Slamet Soebjakto, M.Si, Asisten Deputi Pengembangan Perikanan Budidaya Kemenkomarvest beserta rombongan di Kota Dumai. Selasa (20/4/21).

Kunjungan rombongan KKP di Kota Dumai didampingi oleh Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS beserta instansi terkait untuk meninjau beberapa lokasi yang menjadi target sektor unggulan di bidang perikanan dan kelautan.

Awal ketibaan Prof. Rokhimin Daruri, Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr. Ir. Slamet Soebjakto, M.Si, dan Asisten Deputi Pengembangan Perikanan Budidaya Kemenkomarvest beserta rombongan langsung menuju ke Sekretariat Tim Percepatan Pembangunan Kota Dumai.

Kemudian rombongan menuju ke Pantai TPI untuk mengunjungi lokasi yang rencananya akan menjadi tempat tambak/budidaya udang vaname.

Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM. MARS dalam kesempatan ini memberikan informasi terkait perencanaan pembangunan Shrimp Estate (Tambak Udang) yang berada di Kecamatan Sungai Sembilan.

“Rencana pembangunan Shrimp Estate ini tepatnya di Daerah Geniot seluas 1051 hektar menurut Tata Ruang. Dan masih ada beberapa hektar lagi yang akan dibangun tambak udang, berlokasi di Mekar Sari, Kelurahan Batu Teritib.” ucap Wali Kota Dumai.

Oleh karena itu, Wali Kota Dumai mengintruksikan kepada tim yang telah ditunjuk Pemerintah Kota Dumai untuk segera menyiapkan readiness criterianya seperti master plan, beberapa data pendukung, dan surat-surat pengusulan lainnya kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan agar kawasan Shrimp Estate dapat segera direalisasikan pembangunanya.

“Shrimp Estate nantinya akan mengintegrasikan kegiatan budidaya udang vaname dari hulu hingga hilir, mulai dari penyediaan lahan, kegiatan pembenihan, sampai pengolahan. Tentunya shrimp estate yang dibangun akan menerapkan prinsip inklusif, terpadu, dan ramah lingkungan.” ungkap H. Paisal.

Pemerintah Kota Dumai tentunya akan menggesa agar program Shrimp Estate ini dapat segera diwujudkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Akan banyak tenaga kerja yang terserap dan perputaran ekonomi pun akan lancar.( Tim.red)

Silahkan Komentar Berita nya

News Feed