Tips Sehat Asam urat naik lagi? Kulit petai bisa menurunkan asam urat tinggi.

Metro independen – JAKARTA. Kulit petai mengandung tanin baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat kulit petai adalah menurunkan asam urat tinggi.

Asam urat, salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. Penyakit ini tidak bersifat menular tapi asam urat bisa menyerang siapa saja, laki-laki atau perempuan.

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun.

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi.

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki.

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh.

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan.

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi.

Umumya, penderita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Opsi lainnya, penderita asam urat juga bisa minum obat herbal untuk mengobati penyakitnya.

Kulit petai menurunkan asam urat tinggi
Mulai sekarang Anda jangan buang kulit petai di tempat sampah. Sebab, kulit petai bermanfaat sebagai obat herbal untuk asam urat.

Melansir dari Jurnal Dunia Gizi Vol. 1 No.1 tahun 2018, kulit petai mengandung tanin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat tinggi.

Mengutip dari Health.Grid.id, cara membuat ramuan kulit petai untuk mengobati asam urat cukup mudah.

Anda cukup sediakan kulit petai segar. Setelah itu, Anda cuci lalu rebus kulit petai sampai mendidih.

Setelah dingin Anda minum air rebusan petai. Anda sebaiknya minum ramuan tersebut selama 4 hari sampai 7 hari secara teratur untuk merasakan efektifitasnya.

Ada baiknya Anda menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin tiggi selama masa pengobatan,Tidak hanya itu, Anda juga harus menjalankan pola hidup sehat agar kadar asam urat kontrol.(Tim.Herbal)

Silahkan Komentar Berita nya

News Feed