Pertamina RU II Dumai Salurkan 4.500 Bibit Ikan Gurami,Program Budidaya Ikan Kepada Masyarakat.

Metro independen – Sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian nelayan khususnya di Kota Dumai, Pertamina Refinery Unit (RU) wilayah Dumai menyalurkan bantuan budidaya ikan gurami kepada Kelompok Nelayan Batu Karang di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat pada Selasa (08/06). Hal ini sesuai dengan tujuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pertamina dan tercakup dalam poin 12 _Sustainable Development Goals_ (SDGs) yakni _Responsible Consumption and Production_.

Sebanyak 4.500 benih Ikan Gurami diberikan kepada kelompok nelayan untuk kemudian dibudidayakan. Secara simbolis, pemberian bibit Ikan Gurami ini diserahkan oleh perwakilan Pertamina RU wilayah Dumai, Bambang Imawan, dan diterima langsung oleh Ketua Kelompok Nelayan Batu Karang, Rozali. Hadir pula pada kesempatan tersebut perwakilan dari Dinas Perikanan Kota Dumai, Maizul dan Novi.

Di tempat terpisah, Unit Manager Communication, Relations, & CSR RU wilayah Dumai, Imam Rismanto, mengatakan bahwa bantuan bibit ini merupakan bentuk pemberdayaan Pertamina terhadap nelayan agar kesejahteraan mereka meningkat. “Semoga dengan adanya program budidaya Ikan Gurami ini, bisa menjadi sumber pemasukan tambahan bagi nelayan,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Rozali mengatakan bahwa bantuan ini sangat diperlukan oleh mereka agar mereka nantinya bisa mandiri dan tidak tergantung pada hasil tangkapan di laut. “Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina karena dengan adanya program budidaya ini, penghasilan kami diharapkan bisa lebih terjamin,” jelas Rozali.

Rozali juga berharap kepada Pertamina dan Dinas Perikanan Kota Dumai untuk terus memberikan bimbingan dan pelatihan budidaya ikan gurami sehingga jalannya program ini bisa berhasil. “Mari kita majukan nelayan, kita kembangkan daerah kita ini, sehingga para nelayan menjadi lebih sejahtera dan hasil panennya dapat kita nikmati bersama,” tambahnya.

Maizul mengungkapkan apresiasinya atas langkah Pertamina dalam memberikan bibit Ikan Gurami ini kepada kelompok nelayan. “Pihaknya siap untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada kelompok nelayan sehingga para nelayan bisa berhasil dalam membudidayakan ikan gurami ini secara mandiri,” ungkapnya.

Imam juga tidak lupa berpesan kepada kelompok nelayan untuk terus bersemangat dalam mengikuti program ini. “Semoga skil budidaya Ikan Gurami yang telah didapat, bisa diterapkan dengan baik yang akan mendatang kebermanfaatan yang banyak terutama bagi kelompok nelayan itu sendiri,” pungkas Imam.( Tim.red)

———————————————————-
Unit Manager Communication , Relations & CSR RU wilayah Dumai
Pertamina

Silahkan Komentar Berita nya

News Feed