Gelar Closing Ceremony Bulan Energy and Loss, GM Ajak Pekerja Terus Jaga Budaya Sadar Energi

DUMAI3 Dilihat

Metro independen – DUMAI, Sebagai penutup dari rangkaian acara Bulan Energy and Loss yang telah dimulai sejak beberapa bulan lalu, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai gelar Closing Ceremony, yang dipusatkan di Ruang Audio Visual, Main Office, Jumat (27/01).

General Manager RU Dumai, Didik Subgayo, mengatakan program Bulan Energy and Loss telah selesai dilaksanakan di lingkungan perusahaan dengan baik.

“Dengan telah usainya kegiatan ini, kami berharap kepedulian pekerja terhadap efisiensi energi dan pengendalian losses dapat meningkat, serta budaya sadar energi tertanam dalam diri setiap perwira, sehingga potensi dan kreatifitas perwira RU Dumai dalam konservasi energi dapat disalurkan,” ungkapnya.

Menurutnya, Meskipun rangkaian bulan energi telah usai dan telah memiliki nilai tambah berupa penghematan energi yang telah dikonservasi selama kegiatan dijalankan pada bulan Oktober sampai November 2022 lalu. namun saya harapkan inovasi dan perubahan yg telah dilakukan dapat secara sustain di laksanakan, karena sustainability adalah suatu bukti sebuah inisiasi berjalan dengan baik.

Sementara itu, Ketua Panitia Bulan Energy and Loss sekaligus Manager Engineering and Development RU Dumai, Yodia Handhi Prambara, mengatakan program ini telah berjalan dengan lancar, yang diisi dengan berbagai kegiatan.

“Ada berbagai kegiatan yang kami laksanakan selama program Bulan Energy and Loss ini yaitu kompetisi dan kegiatan untuk internal perusahaan, serta kompetisi untuk eksternal,” ujarnya.

Sejumlah kegiatan untuk internal perusahaan yaitu pertama, Kompetisi Zero Steam Leak, dengan potensi penurunan EII 0,09 poin; kedua, Kompetisi Boile Furnace Efficiency, dengan potensi penurunan EII 0,21 poin; ketiga, Kompetisi Maximize Utilisasi FG, dengan potensi penurunan EII 0,29 poin.

Keempat, Upskilling dan Akreditasi BFO dengan total 100 peserta di sepanjang 2022; kelima, seminar Ibu Sadar Energy; keenam, Hetrik Perumahan dengan total 6 peserta; ketujuh, Hetrik Perkantoran. Sementara program eksternal yakni Lomba Poster Energi tingkat SMA, serta Lomba Karya Tulis Energi tingkat SMA.

READ  PT.KPI RU II Dumai Gelar HUT RI Ke- 77 : Tingkatkan Kinerja Maksimal Pemenuhan Energi Nasional.

Selain rangkaian Bulan Energy and Loss di PT KPI RU Dumai, PT KPI secara umum pun rutin menyelenggarakan bulan Energy and Loss setiap tahunnya, dimana pada pelaksanaannya tahun ini kembali digelar kompetisi yang terstandar antar RU.

Dalam ajang yang diselenggarakan oleh PT KPI pusat, RU Dumai berhasil meraih sejumlah penghargaan diantaranya pertama, juara 1 The Best BFO Visualization Kategori Shutdown; kedua, Juara 2 The Best BFO Visualization Kategori Stack Loss Optimization; ketiga, Juara 2 The Best Boiler Furnace Efficiency; keempat, Juara 3 The Best Zero Steam Leak; kelima, Juara Harapan 1 Cerdas Cermat BFO.

“Kami berharap awareness semua insan pekerja di PT KPI RU Dumai terhadap upaya efisiensi energi dan pengendalian losses dapat terus meningkat,” ungkapnya.

Selain GM RU Dumai, agenda ini juga dihadiri SMOM RU Dumai, Khabibullah Khanafie, tim manajemen, section head, serta perwakilan pekerja dari masing-masing fungsi.( Tim red)