PT KPI Unit Dumai,Terima Kunjungan SMA IT Abdurrab Pekanbaru

DUMAI1590 Dilihat

Metro independen – DUMAI,Guna mengetahui dan belajar langsung tentang pengolahan minyak bumi hingga proses distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke masyarakat, sebanyak 60 siswa SMA IT Abdurrab Pekanbaru bersama perwakilan guru melakukan kunjungan industri ke PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai, Selasa (19/9/2023).

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, menjelaskan bahwa momen kunjungan industri yang dilakukan oleh sekolah atau kampus ini dimanfaatkan pihaknya untuk sharing terkait ilmu dan pengalaman yang didapat oleh perwira selama bekerja di perusahaan.

“Momen ini merupakan momen yang tepat bagi para perwira untuk berbagi ilmu dan pengalamannya kepada sekolah dan kampus terkait apa yang telah mereka pelajari dan praktikkan selama melakukan pekerjaannya,” jelasnya.

Pada kunjungan industri tersebut, dijelaskan bahwa Pertamina merupakan entity yang cukup besar dan luas, yang terdiri dari Subholding dan Anak Perusahaan, yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Masing-masing Subholding dan Anak Perusahaan mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Di PT KPI Unit Dumai sendiri merupakan unit berfokus pada pengolahan minyak mentah menjadi produk BBM maupun Petrochemical yang biasa kita gunakan sehari-hari,” ungkap M. Reza Nugraha, perwira PT KPI Unit Dumai yang pada kesempatan tersebut bertindak sebagai narasumber.

Dijelaskan pula terkait proses pengolahan minyak mentah (crude oil) di berbagai unit yang ada di kilang Dumai, mulai dari penerimaan crude oil, pengolahan di unit CDU (Crude Distillation Unit), HCU (Hydrocraker Unit), Unit Platforming, hingga akhirnya menjadi produk BBM dan Petrochemical.

“Proses pengolahan hingga hasil produk yang diolah di kilang selalu kita pantau mutu dan kualitasnya agar terjaga hingga ke konsumen,” tambahnya.

READ  Tiga Program CSR Unggulan Pertamina Dumai Dapat Meraih Penghargaan Ditingkat Nasional.

Wakil Kurikulum SMA IT Abudarrah, Yuni Selvi Lestari, menyampaikan rasa syukur pihaknya atas kesempatan kunjungan industri ini.

“Penting bagi anak didik kami untuk mendapatkan pembelajaran langsung di luar kelas, apalagi dapat berkunjung langsung ke unit kilang yang biasanya hanya mereka pelajari dari buku pelajaran. Program kunjungan ini juga merupakan bagian dari program pembentukan kepemimpinan siswa,” ujarnya.

Sebagai penutup, rombongan SMA IT Abudarrab Pekanbaru diajak ke fasilitas Demo Room yang dimiliki oleh PT KPI Unit Dumai. Disana diajarkan terkait aspek-aspek safety seperti HSSE Golden Rules hingga 12 Corporate Life Saving Rules (CLSR)

“Semoga kunjungan industri ini bisa bermanfaat bagi bahan pembelajaran siswa-siswi sekalian,” tutup Agustiawan.( Tim red)