Bupati Bungo geler Bimtek SAKIP di Kantor Kemenpan RI

96

Mero independen  – Jakarta ,Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan integrasi dari perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Produk akhir dari SAKIP adalah Dokumen Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP), yang menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah mulai berdasarkan pencapaian indikator kinerja (output dan outcome) dari pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBN/APBD.

Untuk meningkatkan dan memahami SAKIP dan LAKIP yang diharapkan adanya kesamaan pemahaman dan komitmen demi peningkatan “Goverenment Peformace Accountability” untuk Bungo Maju dan Sejahtera, Pemerintahan Kabupaten Bungo mengadakan Bimtek SAKIP tahun 2019 di Kantor Kemenpan-RB, Jalan Jendral Sudirman Kebayoran Baru Jakarta, Jum’at (02/08).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Muhammad Yusuf Ateh, Ak, MBA. Kementerian (Deputi Bidang Reformasi, Akuntabilisasi, Aparatur dan Pengawasan). Selain itu tampak hadir seluruh perwakilan OPD Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo diantaranya Kadis TPH-BUN, Kadis Pendidikan, Kadis PMD, Kadis LH dan Kadis Dukcapil.

Bupati Bungo, H. Mashuri SP. ME saat membuka acara tersebut menghimbau kepada seluruh OPD Instansi untuk bekerja lebih terarah dan terukur agar nilai SAKIP dapat ditingkatkan lagi.

“Kita sadari dalam pelaksanaannya, walaupun berjalan dengan baik, namun masih menemui beberapa kendala serta masih memerlukan optimalisasi sistem yang berkesinambungan,” tutur Bupati.

Sementara Muhammad Yusuf Ateh dalam kesempatan tersebut juga menghimbau untuk menciptakan pelayanan publik yang cepat dan tepat seraya meningkatkan kinerja instansi pemerintahan dengan menciptakan pemerintahan yang efektif, efesien dan akuntabel.

Selain itu, Kemenenpan juga memberikan materi Bimbingan Teknis Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dan Cascading Kinerja.( team )

Silahkan Komentar Berita nya