Rahima Siap Promosikan Kerajinan Masyarakat.

Metro independen – Rapat Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi 2019 dipimpin langsung Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori di Rumah  Dinas Gubernur Jambi, Selasa (3/9/19).

Rahima mengharapkan kepada seluruh ketua bidang dan tim berperan aktif dan mempunyai ide kreatif untuk memajukan Provinsi Jambi terutama dibidang kerajinan. “Kita harus terus belajar meningkatkan ide dan kreativitas dengan peran aktif ketua dan tim, guna  memajukan Dekranasda Provinsi Jambi,” ungkap Rahima.

Rahima menegaskan bahwa kerjasama dan kreativitas produk kriya dengan kualitas yang baik sangat diharapkan, dimana Dekranasda akan mengikuti acara Kriya Nusa yang akan diselenggarakan dari tanggal 10-15 September 2019 di Jakarta, Rakernas dan Pameran tanggal 11-15 September 2019. “Silakan berkreasi dan beri tahu saya dan bisa diupayakan untuk promosi, kita dukung program ini dengan kebersamaan kita demi kemajuan,” ungkap Rahima.

Dalam paparan Ketua Bidang Pameran dan Kerjasama Luar Negeri, Imron Rosadi,S.Sos,M.Si, disampaikan program pengembangan kemitraan dan kerjasama industri kerajinan serta seni budaya guna peningkatan produksi atau hasil karya dari daerah serta program partisipasi dalam pelaksanaan pameran dalam negeri dan luar negeri.

Bidang Kreatif dikemukakan oleh Drs.Ujang Haryadi, yakni akan akan mengoptimalkan peran museum dengan kreasi replika baju adat koleksi Museum Siginjai termasuk pendaftaran karya HaKI, partisipasi tim kesenian gubernuran dan Bujang Gadis Jambi.

Pada Bidang Promosi, Publikasi, dan Umum disampaikanoleh Johansyah,SE,ME,  mengenai publikasi kegiatan Ketua Dekranasda Provinsi Jambi telah dilakukan pada kegiatan Inacraft 2019, publikasi kegiatan Ketua Dekranasda Provinsi Jambi pada Gelar Batik Nusantara 2019, serta publikasikan kegiatan Ketua Dekranasda dalam Rapat Kerja Daerah Dekranasda Provinsi Jambi tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2019, semuanya melalui media cetak, elektronik, online dan media sosial Biro Humas dan Protokol.

Sementara itu, untuk Bidang Umum telah memfasilitasi kegiatan Rapat Kerja Daerah Dekranasda Provinsi Jambi tahun 2019 berupa sarana dan konsumsi melalui Biro Umum setda Provinsi Jambi.

Bidang Promosi, Publikasi dan Umum akan memfasilitasi Pengurus Dekranasda Provinsi Jambi untuk mengikuti kegiatan Kriya Nusa 2019 di Jakarta berdasarkan surat yang ditandatangani oleh ketua harian serta  meliput dengan mempublikasikan kegiatan Ketua Dekranasda Jambi pada kegiatan Kriya Nusa tahun 2019 melalui media cetak, elektronik, online dan media sosial Biro Humas dan Protokol.

Lebih lanjut, bidang promosi telah merencanakan melakukan promosi melalui media luar ruang/baliho berupa himbauan atau ajakan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan dan bangga terhadap Batik Jambi.

Bidang Manajemen Usaha mewakili Kadis Koperasi J. Ilyas M, memaparkan bidang manajemen usaha dengan program yaitu; 1.Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang bertujuan untuk memberikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan kepada para pelaku UMKM sehingga dapat meningkatkan pengetahuan menjadi wirausaha bidang kerajinan dengan kegiatan peningkatan sumber daya manusia usaha mikro kecil dan menengah. 2.Program Peningkatan Daya Saing Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM dalam memperluas pangsa pasar dan dapat meningkatkan produktivitas usaha dan pemanfaatan peluang pasar dalam rangka pemberdayaan pelaku UMKM dalam sharing informasi, produk dan pemasaran sesama pelaku UMKM.

Untuk Bidang Daya Saing Produk, Muktamar Hamdi melakukan inventarisasi produk unggulan, peningkatan mutu produk, SDM perajin, mekaninasi alat, diversifikasi produk.

Daya saing produk unggulan daerah dengan mengembangkan produk kerajinan dan barang seni, berbasis warisan budaya lokal, berbahan baku setempat termasuk menjamin ketersediaan bahan baku, menjaga kualitas keterjangkauan harga, ramah lingkungan serta mutu produk menjadi perhatian mulai dari desain produk, diversifikasi, pendampingan tenaga, mekanisasi peralatan produksi termasuk pemilihan desain kemasan, pemilihan bahan kemasan.

Kesempatan menguatkan peran Dekranasda tidak terlepas dari pendanaan kegiatan Bidang Pendanaan, Donny Iskandar menyampaikan tugas dan fungsinya untuk mengkoordinir dan mencari sumber dana potensial bagi kegiatan Dekranasda dalam struktur APBD Provinsi Jambi, telah tertuang dan dapat terlaksana sesuai ketentuan yang berlaku.

Rapat Kerja Pengurus Dekranasda Provinsi Jambi Tahun 2019 berjalan baik dan saling menerima masukan demi kemajuan produk kerajinan yang dapat menunjang perekonomian masyarakat.( team )

Silahkan Komentar Berita nya