Bupati Bungo Hadiri Kongres Nasional Transmigrasi Tahun 2019 di Yogyakarta

Metro independen  –  Bupati Bungo H Mashuri SP ME hadiri acara Kongres Nasional Transmigrasi tahun 2019 di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Selasa (17/09).

Kadis Nakertrans dan Bupati/Walikita se-Indonesia diundang pada Kongres Nasional Transmigrasi yang berlangsung pada tanggal 16 – 17 September 2019.

Dalam sambutannya Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa peserta terdiri dari 300 orang dan 1.200 partisipan yang terdiri dari Kementerian/Lembaga, Gubernur, Bupati, Perguruan Tinggi, Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten, Komisi V – DPR RI, Media Massa, Mitra Kerja di Kawasan Transmigrasi, , Tim Advisor Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, serta Pemantik dan Pembahas dalam Focus Group Discussion (FGD) I, II, dan III.

Dilanjutkannya bahwa agenda dalam Acara Kongres Nasional Pembangunan Transmigrasi 4.0 ini meliputi Video Conference, Pameran Aplikasi Sistem Informasi Peta Terpadu Kawasan Transmigrasi (SIPUKAT), dan Pameran Digital di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Video Conference pertama ini akan berlangsung dengan Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat dan Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Dialog ini akan membahas tentang kemajuan apa yang sudah diraih di lokasi transmigrasi dengan transmigran disana dan para stakeholder terkait.

Eko menambahkan bahwa pengembangan kawasan transmigrasi juga harus memanfaatkan perkembangan teknologi industri 4.0. Ia menepis anggapan ketidakmampuan transmigran bersaing di era tersebut.

 “Ada yang mencibir bagaimana memulai 4.0 di daerah transmigrasi. Mereka salah. Teknologi 4.0 adalah bagaimana menggunakan teknologi tersebut agar menjadi lebih produktif dan gampang, sehingga orang yang tidak memiliki knowledge (pengetahuan) juga bisa memanfaatkannya untuk produktivitas lebih baik,” terangnya.

Untuk itu, Eko meminta peserta Kongres Nasional Transmigran dapat merumuskan model yang bisa memberikan benefit lebih besar kepada transmigran. Jika tidak ada benefit lebih yang diberikan kepada transmigran, ia khawatir para transmigran pulang ke kampung halaman atau melakukan urbanisasi ke kota.

“Semoga kongres ini bisa menciptakan model bisnis baru untuk transmigrasi, untuk menjawab tantangan-tantangan besar kita di masa akan datang,” ujarnya.

Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bungo Anna Lukita kepada media ini melalui telepon selular mengatakan bahwa hari ini tanggal 17 September 2019 dirinya bersama Bupati Bungo menghadiri kongres nasional transmigrasi tahun 2019 di UGM Yogyakarta.

“Iya benar, hari ini tanggal 17 September 2019 saya bersama Bapak Bupati Bungo H Mashuri SP ME menghadiri kongres nasional transmigrasi tahun 2019 di UGM Yogyakarta,” terangnya.

Dikatakannya kegiatan ini intinya merubah pola pikir dan pola tindak dimana program transmigrasi ke depan harus berbicara kawasan dimana pengembangan SDM dan SDA perencanaannya harus bersifat pemanfaatan teknologi dan media sehingga ke depan mampu meningkatkan daya saing dan kemandirian sehingga memberi kontribusi untuk peningkatan ekonomi nasional,” tutup Anna Lukita.

Terpisah Bupati Bungo H Mashuri SP ME mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh Gubernur, Bupati, Kadis terkait dan lainnya menghadiri Kongres Nasional Transmigrasi tahun 2019 di UGM Yogyakarta. Dimana dengan kegiatan ini Kabupaten Bungo secara khusus dapat menerapkan dan menindaklanjuti apa yang di dapat disini.

Sistem informasi Teknologi 4.0 adalah bagaimana menggunakan teknologi tersebut agar menjadi lebih produktif dan gampang, sehingga orang yang tidak memiliki pengetahuan juga bisa memanfaatkannya untuk produktivitas lebih baik serta menciptakan model bisnis baru untuk transmigrasi, untuk menjawab tantangan-tantangan besar kita di daerah transmigrasi di masa yang akan datang,” tutupnya.

Sementara itu Ir Hendri Yusuf MT M Si Sekretaris Dinas Nakertrans Bungo kepada media ini membenarkan bahwa Kadis Nakertrans Ir Hj Anna Lukita memang benar ke Yogyakarta untuk mengikuti Kongres Nasional Transmigrasi Tahun 2019 untuk mendampingi Bupati Bungo Bapak H Mashuri,” kata Hendri Yusuf

Silahkan Komentar Berita nya