KM Bahari Indonesia Terbakar di Laut Jawa, 26 Awak dan Penumpang Selamat

72

Metro independen – Badan SAR Nasional (Basarnas) mengerahkan KN SAR 103 Wisnu guna mengevakuasi Kapal Motor (KM) Bahari Indonesia yang mengalami kebakaran di Laut Jawa, sekitar pukul 15.30 WIB, Selasa (21/7/2020).
Namun, sebanyak 26 penumpang KM Bahari Indonesia berhasil diselamatkan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta Hendra Sudirman menuturkan, sekitar pukul 03.00 WIB, Rabu (22/6/2020), pihaknya mendapat pesan dari salah seorang nahkoda KM Bahari Indonesia, bahwa para penumpang selamat.

“Seluruh penumpang yang berjumlah 26 orang telah berhasil diselamatkan oleh KM Samudera Jaya Abadi yang kebetulan melintasi lokasi terbakarnya kapal tersebut,” ujar Hendra dalam keterangan tertulis, Rabu siang.

Hendra menjelaskan, setelah berhasil diselamatkan, para penumpang kemudian dievakuasi ke Ketapang, Kalimantan Barat menggunakan KM Samudera Jaya Abad.

Dalam upaya penyelamatan tersebut, terdapat unsur yang dikerahkan, yakni KN SAR Wisnu dari Basarnas), KN Alugara dari Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), dan KM Bahari 3.

Hendra mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan agen Kapal KM Samudera Jaya Abadi.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui perkembangan pergerakan kapalnya yang saat ini sudah berada di sekitar Perairan Pulau Langir menuju Pelabuhan Sukabangun Ketapang.

Selain itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta juga sudah melakukan koordinasi dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak untuk memberikan dukungan terhadap KM Samudera Jaya Abadi dalam evakuasi korban menuju Ketapang.

Sementara itu, KN SAR 103 Wisnu dan KN Alugara juga telah menemukan bangkai KM Bahari Indonesia sekitar pukul 09.00 WIB.
Berikut daftar nama para penumpang:

1. Khafid (Nakhoda)
2. Deri Irianto
3. Jandres Hendrikus L
4. Dwi Agus Muryanto
5. Fransiskus Andang
6. Ikhwan Nurcahyo
7. Fauzi Pratama Putra
8. Moh Massus
9. Achmad Slamet Darmawan
10. Ahmad Ashifudin
11. Muhammad Fadil
12. Bambang Edy Purwanto
13. Nasikin
15. Imam Buchori
16. Kasiro
17. Purwanto
18. I Ketut Sudiarsana
19. Slamet Mulyono
20. Adi Saputra
21. Oza Apriliasyah
22. Doni Afrika Pratama
23. Rio Hari Ananta
24. Yanuar Rudiansyah
25. Valmon Emiga Aritonang
26. Khediv Abil Qois

Silahkan Komentar Berita nya