Bumi Resources (BUMI) membuka peluang perluas pasar ekspor

73

Metro independen – JAKARTA. PT Bumi Resources Tbk (BUMI) tengah melihat potensi untuk menambah porsi penjualan ke pasar India.Dileep Srivastava, Direktur dan Sekretaris BUMI mengatakan BUMI memperluas pasokan batubara ke India. “Ada dua pasar tambahan Filipina dan Vietnam,” katanya, Selasa (26/11).

Selain pasar domestik, China dan India menjadi pasar ekspor dengan porsi penjualan terbesar atau sekitar 40%. BUMI juga menjajakan batubara ke beberapa negara seperti Hong Kong, Korea Selatan, Malaysia, Taiwan, Pakistan, dan beberapa negara lainnya.

Secara keseluruhan BUMI menjual sebanyak 75% batubara ke pasar ekspor dan 25% ke pasar domestik.BUMI mencatat volume penjualan meningkat sebesar 5% menjadi 63,1 juta ton dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu hanya 60.0 juta ton.

Adapun penjualan KPC naik 12% mencapai 45,5 juta ton, sementara penjualan Arutmin sebesar 17,6 juta ton atau mengalami penurunan sebesar 9% year on year.

Perusahaan juga berhasil menjual sekitar 8 juta metrik ton batubara pada Oktober tahun ini. BUMI yakin bisa mencapai target produksi batubara sampai tutup tahun ini sekitar 87 juta ton hingga 90 juta ton.( team )

Silahkan Komentar Berita nya