Kapolri Idham Azis Naikkan Pangkat 7 Kapolda Jadi Jenderal Bintang 2.

363
Kapolri jendral Idham Azis Lantik 7 Kapolda dan sekaligus menaikkan pangkat.

Metro independen – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengukuhkan jabatan 181 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di lingkungan Polri. Dalam deretan nama-nama perwira yang dikukuhkan ini terdapat tujuh kapolda.

Pengukuhan jabatan tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/1278/IV/KEP./2020 tentang Pengukuhan serta Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Telegram tertanggal 22 April 2020 ini ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri.

Polri Naikkan Tipe 7 Polda dari B Jadi A, Kapolda Akan Dijabat Jenderal Bintang 2
Telegram ini memuat nama-nama pejabat di tujuh kepolisian daerah yang telah dinaikkan tipenya dari B menjadi A. Dengan demikian, mereka akan naik pangkat setingkat lebih tinggi.

Tujuh polda tersebut yakni Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Polda Kalimantan Utara, Polda Kepulauan Bangka Belitung, ‎Polda Gorontalo, Polda Maluku Utara dan Polda Papua Barat.

Dalam TR pengukuhan jabatan tersebut terdapat nama Brijen Pol Anang Syarif Hidayat yang dikukuhkan sebagai Kapolda Bangka Belitung. Anang menjabat Kapolda Babel sejak 8 November 2019.

Dengan pengukuhan ini, alumnus Akademi Kepolisian 1988 ini akan naik pangkat menjadi irjen. Selain itu terdapat nama Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit, dan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Adnas.

Kemudian, Kapolda Kalbar Brigjen Pol Eko Budi Sampurno, Kapolda Sultra Brigjen Pol Medisyam, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Rikwanto dan Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Tornagogo Sihombing.

Kabidpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, peningkatan tipe polda ditetapkan melalu Surat Telegram Nomor 1189 tahun 2020. ini telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Peningkatan tipe

Dengan peningkatan tipe tersebut, posisi kapolda akan dijabat oleh jenderal bintang 2 dan wakapolda menjadi bintang 1 atau brigjen. Kenaikan tipe Polda ini efektif berlaku 22 April 2020.

“Semua kapolda dan wakapolda pangkat menyesuaikan dengan status tipe di polda tersebut. Kalau sebelumnya polda tipe B dipimpin brigjen naik jadi irjen, begitu juga wakapolda,” kata Asep kepada iNews.id, Rabu (23/4/2020).( Team,red )

Silahkan Komentar Berita nya