Polri Terbitkan Aturan Khusus Tangani Hoaxs danPenghinaan Presiden Terkait Corona .

39

Metro independen – Mabes Polri mengeluarkan Surat Telegram terkait penanganan para penyebar HOAXs dan Penghinaan Presiden saat pandemi virus Corona atau Covid-19 .Hal tersebut demi menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat selama menghadapi bencana non alamtersebut .

Surat Telegram itu bernomor ST/1100/IV/HUK.7.1./2020 tanggal 4 April 2020 .Dokumen tersebut ditandatangani langsung oleh Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo .

Beberapa hal yang disoroti olehpenyidik Bareskrim Siber Polri adalah penyebaran berita bohong alias Hoaxs terkait Virus Corona Covid-19 ,Penghinaan terhadap Presiden ,dan Pejabat Pemerintah , dan Penipuan Penjualan alat – alat Kesehatan secara Oniline .

” Laksanakan Penegak Hukum secara tegas .” Bunyi Kuripan Surat Telegram tersebut yang diterima pada Minggu , ( 5/4/2020) .

Untuk pelaku penyebaran Hoaxsterkait Corona dan KebijakkanPemerintah dalam mengantisipasi pandemi Covid-19 , Penyidik menggunakan pasal 14 dan atau pasal 15 Undang – undangnomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana .

Kemudian untuk kasus Penghinaan terhadap Presiden dan Pejabat Pemerintah dikenakan pasal 207 KUHP .

Sementara untuk Penipuan Penjualan alat – alat Kesehatanlewat Online terancam pasal
45 A ayat (1) juncto pasal 20 ayat (1) UU ITE .

Selain itu , Polri juga berkoordinasi dengan para penyedia layanan Internet yang akan melakukan Perawatan Ketahanan Akses data selama Pandemi Virus Corona Covid-19( team )

Silahkan Komentar Berita nya