Bupati Bungo Lantik 4 Rio Dikecamatan Pelepat Ilir.

BUNGO13 Dilihat

Metro independen – Pasca pemilihan Rio (Pilrio) serentak yang diikuti oleh 52 dusun se Kabupaten Bungo dari 141 Dusun/Desa. Bupati Bungo melalui dinas pemberdayaan masyarakat dusun (PMD) menggelar pelantikan Rio/Kades pada hari Selasa 9/8/22 yang diikuti sebanyak 15 kecamatan dalam Kabupaten Bungo.


Setelah Pilrio selesai, para Datuk Rio yang menang dalam kontestan Pilrio pada tanggal 15 Juni 2022 yang lalu segera dilantik oleh Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME.

Termasuk di kecamatan Pelepat Ilir, 4 Dusun yang mengikuti Pilrio kemarin akan di Lantik sekaligus pemberian gelar adat oleh ketua LAM dan sumpah janji serta menandatangani fakta integritas, 4 dusun di antaranya dusun Lubuk Sardiman.AP diberi gelar adat Pambudi, Dusun Muara kuamang Andi Sopian di beri gelar adat Bunsu, Dusun Bangun Harjo Sarwan di beri gelar adat negeri betuah, dan dusun Daya murni Khayat di beri gelar adat Suko jayo.

Pelantikan dan pemberian gelar adat berlangsung di Kantor camat Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo

Hadir dalam prosesi tersebut, ketua DPRD Bungo, unsur Forkopimda yang mewakili, Kapolsek, danramil, staf ahli Bupati, asisten, para kepala OPD di lingkup Kabupaten Bungo, para Kabag, camat ketua GOW Bungo, ketua Darmawanita, ketua LAM kecamatan, para Datuk Rio Se kecamatan Pelepat Ilir, para BPD beserta perangkat,serta tamu undangan yang lainnya.

Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME saat di wawancarai mengatakan, Pada saat ini izinkan kami menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Bungo beserta seluruh jajaran ucapan selamat kepada Datuk Rio yang baru dilantik dan dikukuhkan gelar adatnya.

“Mudah-mudahan Datuk Rio bisa menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, bisa bekerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada di Dusun, tokoh-tokoh masyarakat, karang taruna, pemuda pemudi dan seluruh yang ada di Dusun,”Ujar Bupati Mashuri.SP.ME

READ  Hamas : Per Januari 2020 Gaji Tenaga Honorer Naik Rp.1juta Diluar Iuran BPJS Ketenagakerjaan Daerah.

Bupati menambahkan, tentu kemarin dalam pesta demokrasi Pilrio tentu Datuk Rio yang terpilih ini punya tandem, punya lawan ketika berkompetisi, diharapakan para Datuk Rio agar merangkul lawannya ketika pesta demokrasi Pilrio pada bulan Juni 2022 yang lalu.

“Dalam suasana Covid-19 kemarin tentu kita terbatas bahkan tidak ada sama sekali pembangunan yang Datuk Rio buat,di karena anggaran kita di pangkas oleh pemerintah pusat selama 2 tahun belakangan ini, Alhamdulillah tahap demi tahap pandemi covid-19 bisa kita lewati secara seksama.,”Kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada datuk-datuk Rio terdahulu, yang sudah bekerja dengan sebaik mungkin, mungkin ada yang belum diselesaikan pekerjaan oleh Datuk Rio terdahulu, di harapkan para Datuk Rio yang baru dilantik ini bisa menyelesaikannya.

“Kami berharap kepada Datuk Rio yang baru ini agar bisa melanjutkan kepemimpinan Datuk Rio yang terdahulu, agar pembangunan di dusun-dusun tercapai.”Harap Bupati.

Tadi kita mendengar dan menyaksikan secara bersama, bahwa Datuk Rio yang barusan ini selain membacakan fakta integritas, Datuk Rio ini di sumpah Al-Qur’an sebanyak 30 juz, sumpah itu bukan main-main.

“Kami ingatkan kepada Datuk Rio tadi para Datuk Rio sudah bersumpah Al-Qur’an sebanyak 30 juz, sumpah itu bukan main-main, apabila para Datuk Rio melanggar sumpah yang ia ucapkan tadi, maka Allah swt akan murka kepada Datuk Rio,”Ucapnya.(Tim.red)